26.1 C
Jakarta
February 23, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Penting! Ini Cara Membangun Networking Untuk Bisnis

Selain modal finansial, modal penting yang dibutuhkan entrepreneur adalah relasi atau networking. Sebuah bisnis tidak mungkin berdiri sendiri tanpa melibatkan pihak lainnya, entah itu supplier, agen, atau distributor

Membangun networking juga penting untuk mendapatkan opportunity baru dalam bisnis. Malah, sering kali ide bisnis muncul dari pertemuan tidak sengaja dengan rekan atau kenalan pengusaha lainnya. Lalu pertanyaannya, bagaimana cara membangun networking untuk bisnis? 

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai membangun relasi. Semoga dapat membantu kamu yang sedang meniti karir sebagai seorang pengusaha. 

1. Bangun Kepercayaan Diri

Sebelum membangun relasi dengan banyak orang, penting bagi kamu untuk membangun kepercayaan diri terlebih dahulu. Mulai singkirkan rasa malu, “tidak enakan”, takut dan hal-hal lainnya yang menghambat kamu untuk maju. 

Ingat, kesan seseorang bisa tercipta saat pertama kali bertemu. Jadi buat kesan yang baik setiap bertemu dengan seseorang dengan kepercayaan diri yang kuat. Kepercayaan diri dapat dibangun dengan memahami apa yang menjadi keunggulan kamu. Kembangkan itu dengan belajar mengkomunikasikannya secara baik. 

2. Mengikuti Berbagai Event 

Networking tidak mungkin dapat terjalin jika kamu hanya berdiam diri saja di rumah atau tempat usaha. Sesekali, ikutilah berbagai kegiatan positif seperti pameran dan seminar. Kegiatan semacam itu sangat membantu untuk melihat bagaimana trend bisnis yang sedang berkembang, mencari relasi baru dan sebagainya. 

Bila beruntung, kamu dapat bertemu dengan pemangku kebijakan seperti dinas terkait untuk mendapatkan akses program pemerintah. 

3. Gabung Dengan Komunitas Bisnis

Jika kamu baru memulai usaha, tidak ada salahnya mengikuti program inkubasi bisnis yang kerap diselenggarakan oleh pemerintah maupun perusahaan. Program semacam itu sangat membantu kamu untuk menambah skills berbisnis dan menjalin relasi. Plus, kamu juga berpotensi mendapatkan modal usaha

Selain inkubasi bisnis, ada pula komunitas-komunitas pengusaha, baik yang didasarkan atas industri masing-masing atau sekadar perkumpulan pengusaha secara umum. Bergabung dengan komunitas bisnis dapat membuka wawasan kita serta mendapatkan kerjasama dengan pihak lain. 

4. Menindaklanjuti Perkenalan

Tidak sekadar “kenal”, penting juga perlu menjalin kedekatan dengan orang-orang yang sudah kamu kenal. Tidak harus melulu soal bisnis, percakapan pun dapat dibangun oleh hal-hal lainnya. 

Sering kali, orang bertukar kartu nama atau nomor telepon dalam suatu acara. Namun, tidak pernah ada tindak lanjutnya atau sekadar sapaan. Nah, setelah bertukar kontak, ada baiknya jika menjalin komunikasi lebih intensif melalui media sosial. Kamu 

5. Bangun Personal Branding di Media Sosial

Setiap orang dapat membangun citranya sendiri di media sosial. Bukan persoalan “narsis”, membangun personal branding di media sosial akan memberikan manfaat yang cukup besar untuk karir maupun bisnis. 

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Bermodal Kecil yang Cocok untuk Milenial saat Pandemi

Misalnya, kamu mendapatkan opportunity dari teman karena dia tahu kamu punya keahlian atau bisnis di bidang tertentu. Dalam berbagai industri, sosok pemilik bisnis seperti owner atau CEO bahkan mempengaruhi keputusan seseorang membeli suatu produk, loh. Misalnya, banyak orang yang membeli perangkat elektronik dari Apple karena ngefans dengan sosok Steve Jobs. 

Kesimpulan

Membangun networking merupakan sesuatu yang penting bagi pengusaha. Ada beberapa orang bahkan dapat menghasilkan uang hanya dari mempertemukan dua pihak. Namun untuk sampai pada tahap itu, seseorang harus membangun relasi yang luas dan kepercayaan yang tinggi. 

Selain membangun networking, kamu juga perlu untuk memperbarui manajemen bisnis dengan mulai menggunakan aplikasi keuangan seperti Accurate Online. Software Akuntansi Accurate Online yang sudah digunakan oleh ratusan ribu pengusaha di seluruh Indonesia ini dapat diakses secara GRATIS selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba GRATIS Accurate Online” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

8 Jenis Pajak Penghasilan yang Harus Di Ketahui dan Dibayarkan Pengusaha—Part 2

ademuthia

Melakukan Implementasi Rencana Bisnis dengan Aplikasi Accurate POS

Erapuji

Uang Komoditas Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Wida

Leave a Comment