26.3 C
Jakarta
December 10, 2023
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Fitur Accurate

Inilah Metode Persediaan di Accurate Online yang Bikin Bisnismu Anti Merugi

Metode Persediaan Accurate Online

Metode penilaian persediaan adalah cara untuk menghitung nilai total persediaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan pada waktu tertentu. Pasalnya untuk menghitung total persediaan secara manual, membutuhkan waktu yang lama. Namun dengan metode persediaan di Accurate Online, urusan stokis gudang akan lebih mudah

Apa Itu Metode Persediaan?

apa itu metode persediaan
Sumber: Unsplash.com

Sebelum melangkah jauh pada metode penilaian persediaan di Accurate, ada baiknya Anda mengenal apa itu metode persediaan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Accurate memiliki fitur stok gudang yang memudahkan urusan keluar masuk barang.

Dengan memanfaatkan dasar pengetahuan metode persediaan, proses memahami kinerja aplikasi ini akan semakin mudah dan cepat. Karena dengan metode persediaan di Accurate Online, segala jenis perhitungan stok telah diringkas dalam bentuk visual.

Baca Juga: Metode Persediaan Ritel: Pengertian, Manfaat, Cara Hitung dan Contohnya

Secara teori metode persediaan adalah cara untuk menghitung nilai total persediaan, yang dimiliki oleh sebuah perusahaan pada kurun waktu tertentu. Nilai ini dihitung berdasarkan total biaya yang dikeluarkan untuk membeli persediaan maupun penjualan barang tersebut.

Persediaan yang dimaksud disini adalah aset lancar terbesar, dari sebuah perusahaan atau manufaktur yang mengelola pergudangannya sendiri. Metode yang dipilih akan berpengaruh pada laba, pajak, dan persediaan akhir pada suatu perusahaan, serta ada jadi mereka sebenarnya saling berkorelasi.

Menurut PSAK 12 tahun 2018, Indonesia menggunakan 2 metode yaitu  FIFO dan Average. Untuk mendukung kenyamanan pengguna Accurate menyediakan kedua metode tersebut, dengan pada pemrosesan otomatisasi laporan yang akan memudahkan perhitungan stok gudang.

Menggunakan Metode Persediaan di Accurate Online

menggunakan metode persediaan di accurate online
Sumber: Pexels.com

Penilaian persediaan bisa menjadi sangat kompleks, terutama ketika bisnis Anda mulai tumbuh dan berkembang. Sebuah bisnis yang berkembang biasanya perlu membeli ratusan atau ribuan item yang berbeda untuk dijual kembali atau komponen untuk membangun produknya.

Dan harus menetapkan biaya untuk setiap produk untuk secara akurat menghitung laba dan kewajiban pajak. Mencoba mengelola dan memantau keuangan inventaris dengan spreadsheet dapat menjadi sangat rumit, memakan waktu, dan rawan kesalahan.

Oleh sebab itu, Anda perlu software manajemen keuangan yang lengkap, seperti Accurate Online. Software akuntansi ini didukung fitur manajemen persediaan menggunakan metode penilaian inventaris yang sesuai dengan aturan perpajakan Indonesia dan mengotomatiskan pelacakan dan penghitungan biaya inventaris Anda.

Baca Juga: Persediaan Adalah: Berikut Adalah Pengertian, Jenis, dan Metodenya

Hal itu membantu Anda memberikan gambaran keuangan yang jelas, akurat, dan terkini tentang bisnis Anda kapan saja, dan juga mengurangi beban pembuatan laporan keuangan. Belum lagi aplikasi ini mendukung perhitungan stock opname otomatis, yang pastinya sangat membantu untuk efisiensi kinerja

Metode Penilaian yang Digunakan Accurate

Metode persediaan di accurate online
Sumber: Accurate.id

Ada metode umum yang digunakan untuk penilaian persediaan dalam aplikasi Accurate, metode ini disesuaikan dengan peraturan perpajakan di Indonesia. Metode tersebut adalah FIFO dan WAC. Berikut ini penjelasannya:

1. FIFO

Metode pertama yang digunakan pada aplikasi Accurate online adalah FIFO,dengan metode ini persediaan yang pertama kali masuk menjadi yang pertama dijual. Persediaan yang pertama kali diproduksi atau dibeli akan menjadi yang pertama dalam bentuk penjualan.

Dari jumlah awal yang Anda masukkan, Accurate Online akan membantu menghitung stok. Prosesnya adalah saat barang terjual, maka stok akan otomatis berkurang pada sistem, begitupun saat input barang masuk sistem akan menambahkan total stok Anda.

Metode ini sering digunakan oleh penjual eceran dan supermarket, yang memungkinkan menjual barang yang pertama keluar lebih dulu. Trik yang sering digunakan adalah pada cara display produk. Biasanya produk yang paling lama akan berada paling depan, sedangkan yang baru akan ditempatkan baris belakang.

Logikanya barang masuk lama memiliki harga yang lebih murah daripada yang baru, karena harga bahan dan biaya persediaan lainnya cenderung naik seiring waktu karena inflasi. Oleh karena itu, FIFO umumnya menghasilkan HPP yang lebih rendah dan pendapatan kotor yang lebih tinggi daripada metode penilaian lainnya.

Metode persediaan FIFO umumnya terbagi menjadi dua sistem, yakni sistem periodik dan sistem perpetual. FIFO berdasarkan sistem periodik, nilai persediaan akhirnya dihitung dengan cara mengalikan saldo periodik yang ada dengan harga pokok per unit barang yang terakhir kali masuk.

Jadi, jika saldo periodik ternyata lebih banyak dari unit terakhir masuk, sisanya diarahkan ke harga pokok per unit yang masuk sebelumnya.

Beda halnya dengan metode FIFO berdasarkan sistem perpetual. Setiap jenis persediaan dalam sistem ini akan dibuatkan kartu persediaan yang terdiri dari beberapa kolom yang nantinya berisi catatan mutasi persediaan.

Namun bila Anda menggunakan metode persediaan FIFO, nilai persediaan akhir dan HPP pada akhir periode akan tetap sama, meskipun Anda menggunakan sistem pencatatan periodik maupun perpetual.

Baca Juga: Mengetahui Lebih Jauh Metode Persediaan Fifo, Lifo, dan Avarage

2. Weighted Average Cost (WAC)

Accurate juga menyediakan metode persediaan WAC, yang menggunakan nilai rata-rata dari semua biaya persediaan. Metode ini umumnya digunakan ketika item persediaan identik, yang akan muncul pada laporan stok barang per periode.

Aplikasi ini akan lebih menyederhanakan penetapan biaya persediaan, hal ini terjadi karena Accurate akan mencoba memaksa Anda untuk menghindari kebutuhan Pelacakan biaya pembelian persediaan yang terpisah saat menghitung laba dan kewajiban pajak.

Ha ini selaras pada fitur laporan dan perhitungan stok otomatis pada sistem tersebut. Dengan aplikasi ini, menghitung stok bukan lagi hal yang sulit. Selain itu, metode ini juga dapat mengurangi fluktuasi laba karena waktu pembelian dan penjualan.

Stok penutup dan harga pokok penjualan di sini diperoleh dengan menghitungnya menggunakan harga rata-rata barang yang dibeli. Bisnis manufaktur cenderung memilih metode penilaian ini karena sulit bagi mereka untuk membedakan antara batch.

Misalnya, dalam industri kopi, dimana biji kopi disangrai, satu batch dapat dicampur dengan batch sebelumnya. Metode ini melacak setiap item mulai dari pembelian hingga penjualan stok.

Mengapa Metode Persediaan Itu Penting untuk Bisnis?

mengapa metode persediaan penting untuk bisnis
Sumber: Pexels

Cara perusahaan menilai persediaannya secara langsung mempengaruhi harga pokok penjualan (COGS), pendapatan kotor dan nilai moneter persediaan yang tersisa pada akhir setiap periode. Oleh karena itu, penilaian persediaan mempengaruhi profitabilitas perusahaan dan nilai potensialnya, seperti yang disajikan dalam laporan keuangannya.

Persediaan harus dinilai dengan tepat pada akhir periode pelaporan, seperti tahun buku yang dapat dengan mudah dilakukan jika Anda memiliki software akuntansi yang memiliki fitur manajemen inventaris.

1. Menentukan Posisi Keuangan Bisnis

Persediaan merupakan bagian dari laporan laba rugi dan juga neraca. Oleh karena itu, penilaian harus dilakukan secara akurat agar lebih mudah mengetahui posisi keuangan bisnis Anda.

2. Metode Persediaan Membantu Menentukan Laba Kotor

Ketika dicocokkan dengan pendapatan langsung yang diperoleh, Harga Pokok Penjualan (COGS) akan membantu Anda mencapai laba kotor (gross profit). Setelah laba kotor tercapai, Anda bisa membandingkannya dengan penjualan, dan jumlah perbedaannya adalah laba kotor atau rugi kotor.

Jika pembukaan atau penutupan saham dilebih-lebihkan atau dikecilkan, secara langsung mempengaruhi perhitungan laba bersih. Oleh karena itu, penilaian persediaan harus tepat dan akurat.

3. Metode Persediaan Diperlukan untuk Analisis Likuiditas

Persediaan merupakan bagian besar dari modal kerja. Karena persediaan adalah aset lancar, maka persediaan tidak dimaksudkan untuk disimpan dalam waktu lama. Persediaan digunakan untuk mengetahui tingkat likuiditas perusahaan. Rasio perputaran saham, khususnya, harus berada di sisi yang lebih tinggi.

Dari sini Anda sudah tahu dengan menggunakan Accurate Online, dapat meningkatkan akurasi dan memungkinkan Anda untuk fokus pada tugas yang lebih penting. Dengan fleksibilitas penggunaan metode persediaan di Accurate Online, masalah stok gudang bisa terselesaikan dengan lebih mudah

Tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan free trial Accurate Online selama 30 hari sekarang juga!

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Menggunakan Fitur Transaksi Favorit untuk Penghafalan Transaksi

Erapuji

Menggunakan Fitur Komisi Penjualan Pada Accurate Online

Erapuji

Accurate Pos Hadir Untuk Pebisnis di Indonesia

ademuthia