26.2 C
Jakarta
May 15, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

5 Ide Bisnis Bermodal Kecil yang Cocok untuk Milenial saat Pandemi

Bisnis Bermodal Kecil – Sudah hampir 6 bulan lebih Indonesia dilanda Pandemi COVID-19, angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia pun terus meningkat drastis. Saat ini Pemerintah menyerukan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Pola kehidupan masyarakat pun tentunya otomatis berubah. Terlebih lagi para kaum Milenial yang sering beraktivitas di luar rumah harus menghabiskan waktunya di rumah dengan aktivitas yang akan mereka lakukan berulang hingga tentunya akan terasa membosankan, seperti menghabiskan waktu di depan gawai hingga berjam-jam.

Baca Juga: Bagaimana Nasib Generasi Sandwich di Tengah Corona?

Selaras dengan hasil survei yang dikeluarkan oleh Lembaga survei Alvara Research Center, seperti yang dikutip dari Tempo.com pada Rabu (23/9/2020), menyatakan bahwa, pengguna internet paling dominan selama pandemi Covid-19 di Indonesia adalah generasi Z atau Millenial, kemudian berturut-turut disusul generasi X, generasi milenial atau generasi Y, dan terakhir generasi baby boomers. Sementara kegiatan yang paling sering dilakukan di internet selama pandemi Covid-19 adalah bertukar pesan (86,5 persen), berselancar di dunia maya (80,5 persen), mengakses jejaring sosial (70,3 persen), menonton video tanpa unduh atau video streaming (55,0 persen), mengirim e-mail (53,8 persen) dan mengunduh (53,5 persen).

Nah, Kebiasaan para Milenial di depan gawai saat masa pandemi sebenernya bisa dimanfaatkan lho dengan membangun bisnis online. Selain bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah tentunya generasi Milenial dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat dan membawa masyarakat bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

Baca Juga: 3 Peluang Bisnis Modal 500 ribu. Ingin Coba?

Tak perlu memulai bisnis dengan modal yang banyak, Anda para Milenial bisa memulai bisnis dengan hanya bermodalkan sedikit uang, kreatifitas dan gawai yang digunakan sehari-hari. Berikut beberapa tips bisnis kreatif sederhana yang dapat dilakukan generasi milenial dalam berinovasi di masa pandemi ini

 Jasa Editorial

Kalau Anda memiliki ketertarikan di bidang literasi, Anda bisa mulai mencoba menekuni bisnis ini. Dalam bisnis ini Anda bisa menawarkan jasa atau layanan yang berhubungan dengan tulis menulis hingga membaca. Seperti jasa proofreading, editing, menulis artikel, atau jasa yang lainnya yang berhubungan dengan menulis atau membaca.

Anda bisa menjajakan bisnis editorial Anda secara online melalui social media Anda. Dari bisnis ini, Anda bisa mempunyai banyak klien seperti pemilik usaha kecil atau besar, penulis, sampai siswa atau mahasiswa yang membutuhkan jasa Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka. Anda pun bisa memberikan harga jasa Anda sesuai dengan tingkat kesulitan, jumlah kata/halaman, sampai menyesuaikan harganya dengan kualitas tulisan Anda.

Menjadi Dropshipper dan reseller

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online tanpa modal yang terlalu besar anda juga dapat mencoba peluang ini, dengan menjadi reseller atau dropshipper barang seperti baju, sepatu, tas dan pakaian lainnya.

Baca Juga: Jadi Pengangguran Karena Corona? Jangan Sedih, Ada 3 Lowongan Pekerjaan Khusus untuk Kamu

Berdasarkan definisinya Dropshipper dan reseller merupakan sistem penjualan barang atau produk yang asalnya dari distributor atau produsen utama. Sebagai dropshipper Anda tidak harus memiliki modal untuk membeli stok barang dari produsen. Anda hanya memasarkan aneka produk tersebut melalui online seperti media sosial. Apabila sudah dapat pesanan dari calon pelanggan, dropshipper akan meneruskan pesanan tersebut kepada produsen.

Sementara itu, reseller memerlukan sejumlah dana sebagai modal untuk membeli stok barang dari produsen atau distributor. Reseller juga mengurus semua proses bisnisnya sendiri mulai dari beli stok barang, promosi, hingga mengirim barang pesanan ke pelanggan.

Menjual Barang bekas atau membuka thrift shop

Ide bisnis yang ketiga ini Anda benar-benar tidak memerlukan modal karena hanya memanfaatkan barang Anda yang tidak terpakai seperti baju, sepatu, atau barang lainya. Daripada menyimpannya hingga berdebu dan sedikit kemungkinan untuk dipakai lagi, lebih baik dijual Kan? Anda bisa mengunggah barang tak terpakai anda melalui internet. Sehingga pada saat masa pandemi Covid-19 seperti ini bisa mendapatkan uang tunai di tangan.

Tak perlu malu menjual barang bekas, tren jual beli barang bekas atau thrift shop di Indonesia saat ini sedang naik daun. Masyarakat Indonesia pun sudah banyak yang sering berbelanja barang bekas di thrift shop. Namun ingat, Anda harus menjamin bahwa kualitas barang bekas yang Anda jual masih bagus, jika sudah tidak layak digunakan para pembeli tidak akan tertarik membeli barang Anda.

Social media management

Jika Anda adalah sosok yang gemar berselancar di internet dan paham betul dengan media sosial yang ada, ini adalah ide bisnis kecil yang cocok untuk Anda.

Perkembangan platform social media saat ini sangatlah pesat. Yang sebelumnya hanya sebagai media untuk bersosialisasi, sekarang social media bisa menjadi tempat bisnis yang mendatangkan keuntungan besar.

Dengan menjalankan bisnis social media management, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, Anda hanya memerlukan gadget Anda dan kreatifitas Anda.

Menjadi Blogger / Vlogger

Ide bisnis yang terakhir ini cukup mudahdan benar-benar membutuhkan modal kecil, yakni menjadi seorang blogger atau vlogger. Bisnis yang satu ini sudah nggak asing lagi apalagi di telinga para milenial.

Tugas utama  blogger dan vlogger adalah membuat konten yang menarik, baik itu dalam bentuk tulisan atau video. Jenis dari konten yang bisa diangkat pun bervariasi sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda bisa membuat konten dari Hobi Anda atau passion yang Anda punya. Misalnya Anda menyukai otomotif, Anda bisa menulis atau membuat konten seputar otomotif. Jika konten Anda mendapatkan engagement yang tinggi, Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Kesimpulan

Membangun bisnis tak selalu memerlukan modal yang besar lho.. Sebagai millenial yang kreatif dan inovatif harus mampu memanfaatkan keadaan dan peluang yang ada untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan di tengah Pandemi COVID-19 sekarang ini. Namun, pastikanlah Anda sebagai milenial juga harus mampu melakukan pencatatan keuangan bisnis secara lebih rapih dan tepat. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui arus kas masuk dan keluar dengan baik. Sehingga, Anda mampu membuat perencanaan keuangan yang matang kedepannya.

Agar Anda bisa melakukan pencatatan keuangan bisnis dengan tepat, mudah, dan sederhana, Anda bisa menggunakan software akutansi seperti Accurate Online.

Software akutansi ini akan memudahkan Anda dalam mengurus segala hal yang menyangkut akuntansi bisnis Anda secara lebih mudah dan cepat, termasuk dalam hal pembukuan keuangan. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini:

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://account.accurate.id/join.do?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa Masa Kini

ademuthia

Penting! Pengertian Akuntansi Biaya Serta Fungsinya Bagi Bisnis Anda

ademuthia

3 Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha

ademuthia

Leave a Comment