31.4 C
Jakarta
February 27, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Hai Pengusaha Kuliner, Ini Jenis Jenis Kemasan Makanan Yang Perlu Kamu Tahu

Daya tarik bisnis makanan tidak hanya terletak pada rasa dan pelayanannya saja, loh, tetapi juga pada jenis kemasan atau packaging yang digunakan. Packaging pada dasarnya berfungsi untuk melindungi makanan agar tidak mudah rusak, tumpah atau basi.

Packaging makanan atau minuman punya banyak jenis bahannya seperti plastik, kardus, kertas, logam, dan kaca. Jenis bahan yang digunakan pada packaging disesuaikan dengan kebutuhan produk itu sendiri. Misalnya, jenis packaging paper bowl akan dibutuhkan untuk produk makanan yang berkuah. 

Selain melindungi makanan, kemasan juga punya fungsi lainnya yakni estetika sehingga menambah daya jual suatu produk. Makanan dengan kemasan yang menarik dapat mendorong konsumen untuk membelinya. Nah, jika sedang memulai usaha kuliner penting bagi kamu untuk memahami jenis-jenis packaging pada makanan.

 

Paper Bowl

Sumber Gambar: Uprint.id

 

Paper bowl adalah jenis kemasan berbentuk mangkuk yang berbahan dasar kertas. Jenis kemasan ini dapat digunakan untuk makanan kering maupun basah seperti bakso, mie, atau es krim. Ini karena paper bowl tahan dengan temperatur panas. 

Jenis kemasan paper bowl cukup kuat dan lebih praktis untuk dibawa. Selain itu, sisi luarnya dapat di-custom dengan desain sendiri sehingga terkesan lebih menarik dan profesional. Dibanding dengan plastik, paper bowl lebih ramah lingkungan karena dapat terurai di tanah lebih cepat.

Standing Pouch

Sumber Gambar: Thedieline.com

Jenis kemasan standing pouch cocok digunakan untuk makanan ringan seperti keripik, kacangan-kacangan, dan jamur krispi. Jika kamu sering ke coffee shop, standing pouch juga kerap dipakai untuk kemasan produk kopi bubuk maupun yang masih berbentuk biji. 

Baca Juga: Bisnis Kuliner, Bisnis yang Tidak akan Pernah Mati. Yakin?

Standing pouch sendiri ada yang menggunakan bahan plastik, nylon, aluminium foil, dan kertas kraft. Adapula standing pouch yang mengkombinasikan dua bahan, misalnya aluminium foil di bagian belakang, dan plastik yang transparan di bagian depan.

 

Food Pail

Sumber Gambar: Printerous.com

Pilihan packaging untuk makanan selanjutnya adalah Food Pail yang berbentuk mangkuk kubus. Jenis packaging ini biasanya dipakai untuk nasi, mie atau pasta, kadang disebut juga sebagai rice box. Kemasan food pail mudah dibuka dan dipegang sehingga nyaman saat mengkonsumsi makanan dengan packaging ini. 

Baca Juga: Ayo Kembangkan Bisnis Kuliner dengan Mitra Go-Food

Bahan kemasan food pail umumnya sama seperti yang digunakan pada paper bowl yakni kertas sehingga ramah lingkungan. Dari segi desain, food pail ini lebih terlihat elegan dan trendi. 

 

Lunch Box

Sumber Gambar: Dhgate.com

Lunch box merupakan jenis kemasan yang cocok untuk makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya. Ada jenis lunch box yang berbahan dasar kertas (paper lunch box), ada pula berbahan dasar mika seperti Box Bento. Lunch box cocok untuk kemasan catering atau makanan siap saji. 

Khusus untuk makanan ringan, lebih baik kalau kamu menggunakan snack box dengan jenis kertas yang lebih tipis. Snack box ini umumnya dipakai untuk makanan seminar dan lain sebagainya. 

Muffin Box

Sumber Gambar: Alibaba.com

Jenis packaging muffin box cocok dipakai untuk produk makanan seperti cake. Dari segi bentuk, muffin box sebenarnya hampir mirip dengan kotak makanan biasa. Namun yang membedakannya ada pada bagian bawah yang telah disediakan lubang-lubang untuk menaruh cake. Dengan begitu, cake buatanmu pun jadi terlihat rapi dan tidak mudah goyang. 

 

Itulah beberapa jenis kemasan makanan yang semoga dapat menjadi inspirasi bisnis kamu. Dalam memilih kemasan yang tepat, perhatikan kebutuhan dari kemasan itu sendiri. Pastikan agar kamu memilih kemasan dengan bahan dasar yang berkualitas. 

Selain dari segi kemasan produk, kamu dapat meningkatkan level bisnis yang sedang dijalani saat ini dengan memperbarui manajemen usaha. Dalam hal keuangan, gunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang dapat dipakai secara GRATIS selama 30 hari. Accurate Online dapat membantu kamu membuat laporangan keuangan usaha yang rapi, transparan dan sesuai dengan standar akuntansi.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Accurate Plaza Semanggi, Pusat Pembelian Accurate Accounting Software

ademuthia

Jenjang Karir dalam Divisi Akuntansi

ademuthia

Mudahnya Membuat Laporan Keuangan Sederhana untuk UKM

ademuthia

Leave a Comment