28.8 C
Jakarta
February 24, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

6 Cara Agar Bisnis Tetap Bertahan Di Tengah Corona

Corona menggoyangkan seluruh sektor industri ekonomi di Indoneisa. Tak terkecuali para pengusaha UKM dan UMKM yang mulai merasakan imbas dari pandemi corona ini. Banyak bisnis yang terpaksa tutup dan merumahkan ratusan pegawainya karena mereka tak mampu bertahan menghadapi dampak dari pandemi corona ini.

Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Krisis Bisnis di Tengah Corona

Kondisi ini memaksa para pengusaha untuk memutar otak lebih keras lagi untuk mempertahankan bisnis mereka. Memanfaatkan teknologi dan jeli melihat kesempatan adalah beberapa kunci agar bisnis bisa terus bertahan selama pandemi COVID-19.

Baca Juga: Industri Fashion terseok-seok karena Corona. Mau Tahu Solusinya?

Mulai Beralih Ke Sistem Penjualan Online

Penjualan daring jadi andalan ketika masyarakat berdiam diri di rumah dan membeli segala kebutuhan melalui internet. Maksimalkan semua layanan daring dan jangan lupa buat aplikasi atau platform yang mudah diakses oleh konsumen. Sebagai alternatif, bergabunglah ke berbagai e-commerce untuk memperluas lapak dagangan di dunia maya.

Baca Juga: Cara Mudah Jualan Online dengan Smart Link Ecommerce

Mulai menggunakan Sistem Pembayaran Mobile Payment

WHO mengatakan, ada kemungkinan bahwa infeksi mematikan dari virus corona bisa saja berasal dari uang tunai, sebab uang tunai sering berpindah tangan dan bisa menjadi sarang bakteri serta virus.

WHO juga menyaraknan supaya sebaiknya masyarakat menggunakan mobile payment atau pembayaran nontunai. Namun, bukan berarti mereka menyarankan untuk tidak menggunakan uang tunai sama sekali.

Nah, bagi Anda para pemilik bisnis, tidak ada salahnya mengikuti anjuran dari WHO tersebut. Dengan menggunakan mobile payment, Anda, karyawan, maupun pelanggan bisa sama-sama meminimalisir risiko terkena dampak wabah tersebut.

Baca Juga: Mobile Payment, Sistem Pembayaran Aman Saat Corona

Perdalam Ilmu Analisa Bisnis Saat Corona

Pandemi Corona baru sekali ini memberikan pukulan yang keras untuk para pengusaha di Indonesia. Maka dari itu saat ini seluruh pengusaha, pengamat bisnis dan pengamat perekonomian bahu-membahu mebuat Analisa dan perkiraan perekonomian kedepannya. Mereka juga melakukan sharing secara online melalui media social atau website pribadi mereka tentang bagaimana cara jitu untuk keluar dari peliknya pandemi corona saat ini.

Bangun Komunikasi Aktif dengan Pelanggan

Agar bisnis tetap bertahan saat wabah corona, Anda perlu memikirkan startegi komunikasi yang tepat ketika berhadapan dengan pelanggan.

Ada sebagian perusahaan yang mengubah jadwal Customer Service mereka, entah memperpanjang atau mengurangi jam operasi. Bila ada perubahan jadwal, infokan dengan detail kepada pelanggan Anda, baik melalui media sosial, email, atau kanal komunikasi lainnya.

Di sisi lain, pastikan Anda mengetahui apa saja feedback yang diberikan pelanggan terkait bisnis Anda saat ini. Kemudian, berikan bantuan dan solusi terbaik untuk mereka.

Baca Juga: 4 Cara Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Bisnis Kita

Beralih ke Supplier Lokal

Seperti yang diketahui, pengiriman barang atau bahan baku dari luar negeri, terutama dari Tiongkok, masih mengalami keterlambatan. Guna mengatasinya, Anda bisa memilih supplier lokal dibandingkan supplier dari luar negeri.

Mengapa? Sebab belum ada informasi pasti mengenai kapan pembatasan pengiriman barang dari luar negeri akan berakhir. Untuk itu, tidak ada salahnya mencari supplier terpercaya agar bisnis tetap bertahan saat wabah corona.

Atur Shift Karyawan

Di tengah mewabahnya virus corona, memutus rantai penyebarannya adalah hal utama yang perlu diperhatikan setiap lapisan masyarakat.

Untuk itu, demi mendukung kesehatan dan keselamatan bersama, Anda bisa mengatur shift karyawan selama masa pandemi ini, dengan menyesuaikan jam kerja mereka dengan pola transaksi per hari dan per jam. Dengan demikian, Anda bisa memberi jatah work from home lebih banyak bagi karyawan Anda.

 

Jaga kesehatan diri Anda. Stay Safe Stay Healthy

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Mengenal Manajemen Rantai Pasokan Untuk Kemudahan Pemantauan Stok Pada Bisnis

Handry

Hubungan Industrial dan Berbagai Peran Pentingnya dalam Kegiatan Produksi

Wida

Tingkatkan Kreatifitas dalam Bisnis dengan 6 Cara Berikut

ademuthia

Leave a Comment