28.1 C
Jakarta
April 12, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

20 Istilah Startup Yang Perlu Kamu Ketahui

Mendirikan sebuah startup kini menjadi mimpi banyak anak muda di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Banyak film /serial startup yang semakin memotivasi anak muda untuk berwirausaha

Sejak era dot com di era tahun 2000-an, berbagai macam jenis startup bermunculan. Tidak sekadar teknologi, startup ini juga hadir dengan model bisnis dan gaya manajemen yang baru. Oleh karenanya, kita sering mendengar istilah yang cukup asing seperti bootstrapping, seed funding dan lain sebagainya. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar istilah startup yang perlu kamu ketahui. 

Pengertian Startup

Startup adalah istilah untuk menunjukkan sebuah perusahaan yang baru dirintis. Selain sebagai usaha rintisan, pengertian startup juga mengacu kepada perusahaan-perusahaan yang menawarkan model bisnis atau solusi terbaru yang biasanya dilakukan melalui pendekatan teknologi. 

Daftar Istilah Startup

Berikut daftar istilah populer dalam dunia startup yang diurutkan berdasarkan abjad. 

Angel Investor

Angel investor merupakan orang yang menginvestasikan dana pribadinya ke sebuah startup. Biasanya, angel investor merupakan seorang pengusaha kaya atau eksekutif sukses yang memiliki banyak uang. 

Akuisisi

Akuisisi adalah tindakan membeli atau mengambil alih sebuah perusahaan oleh perusahaan lain maupun kelompok investor tertentu. Akuisisi dilakukan dengan membeli sebagian atau seluruh saham yang dimiliki oleh perusahaan rintisan. 

Setelah proses akuisisi berlangsung, entitas bisnis perusahaan yang dibeli akan dilebur ke perusahaan induk. Namun, ada pula yang tetap mempertahankan entitas bisnisnya. 

Acqui-hire

Acqui-hire merupakan akuisisi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan namun bukan untuk mendapatkan keuntungan finansial. Akuisisi ini terjadi hanya karena perusahaan ingin mendapatkan sumber daya manusia terbaik dari startup yang dibeli tersebut. 

Bootstrapping

Bootstrapping adalah strategi membangun sebuah startup tanpa adanya pendanaan dari pihak eksternal. Biasanya, founder mengandalkan dana pribadi dan penghasilan dari jasa atau produk yang dijual. Keputusan membangun startup dengan metode bootstrapping didasarkan oleh berbagai hal seperti alasan independensi dalam mengembangkan produk. 

Burning Money

Burning money merupakan strategi startup meraih perhatian konsumen dengan menggunakan uang investor secara besar-besaran. Dalam tahap ini, keuangan startup akan merugi karena uang yang dikeluarkan untuk biaya iklan dan lain sebagainya jauh lebih besar daripada pendapatan yang dihasilkannya. 

Customer Acquisition Cost (CAC)

Customer acquisition cost merupakan biaya yang dikeluarkan untuk setiap akuisisi pengguna atau konsumen. Dalam sebuah program campaign, angka CAC didapatkan dengan membagi antara total biaya iklan dibagi dengan jumlah pengguna yang didapatkan.  

Coworking Space

Coworking space merupakan area perkantoran yang menerapkan sistem ruang bersama di mana setiap karyawan dari berbagai startup dapat memanfaatkan fasilitas yang ada. Coworking space biasanya menjadi pilihan kantor untuk startup yang baru memiliki sedikit karyawan.  

Decacorn

Decacorn adalah perusahaan yang telah memiliki valuasi lebih dari 10 miliar dolar AS. Gelar ini merupakan tahapan yang dilalui oleh startup setelah sebelumnya berhasil mencapai status unicorn.

Exit Strategy

Exit Strategy merupakan rencana strategis yang dilakukan oleh investor untuk mengakhiri kepemilikannya pada sebuah startup. Alasan exit strategy dilakukan bisa perusahaan tersebut telah berhasil atau gagal. 

Jika sebuah perusahaan berhasil, maka exit strategy dilakukan untuk meraih keuntungan dengan cara menjualnya ke investor lain atau dilepas ke bursa. Bila karena perusahaannya gagal, exit strategy dipilih untuk menghindari kerugian yang lebih besar. 

Hackathon

Hackathon merupakan acara kolaborasi yang diikuti oleh para programer atau tim produk lainnya untuk menciptakan inovasi teknologi dalam suatu perlombaan atau kompetisi. Hackathon biasanya digelar selama beberapa hari melibatkan beberapa tim yang mengusulkan sebuah proyek tertentu.

Hectocorn

Hectocorn merupakan startup dengan valuasi lebih dari 100 miliar dolar AS. 

 Inkubator

Inkubator adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh institusi tertentu guna membantu perusahaan rintisan mengembangkan produknya hingga berhasil meraih pendanaan sendiri. Startup yang mengikuti program inkubator akan mendapatkan mentoring seputar bisnis, teknologi bahkan pendanaan awal.  

IPO

Initial Public Offering atau penawaran saham perdana merupakan bentuk aksi korporasi yang dilakukan startup untuk mendapatkan pendanaan dari publik melalui bursa efek. Berhasil melantai di bursa efek menjadi satu tahapan penting bagi startup untuk menjadi sebuah perusahaan yang besar. 

Minimum Viable Product (MVP)

Minimum viable product adalah versi awal sebuah produk yang telah memiliki fitur standar minimum kelayakan. Pembuatan MVP merupakan tindak lanjut dari upaya memvalidasi ide. 

Pivot

Pivot adalah upaya startup merubah rencana bisnis mereka namun masih sesuai dengan tujuan awalnya. Pivot terjadi karena berbagai sebab seperti model bisnis yang kurang diterima pasar sehingga tidak menghasilkan pertumbuhan yang cukup baik. 

ROI (Return of Investment)

Return of investment adalah laba pengembalian dana investasi yang dihitung berdasarkan hasil pembagian dari pendapatan dengan modal yang dikeluarkan.

Seed Funding

Seed funding adalah istilah yang merujuk kepada tahapan pendanaan yang dilalui oleh sebuah perusahaan startup. Tahapan pendanaan dalam startup meliputi pre seed (tahap awal), Seri A, Seri B, Seri C, dan seterusnya sampai perusahaan berhasil melakukan IPO (initial public offering). Seed funding kadang disebut juga sebagai round investment.

Unicorn

Unicorn merupakan sebutan untuk sebuah perusahaan yang telah mencapai valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS. Istilah ini diambil dari mitologi kuda unicorn untuk menggambarkan bahwa jenis startup ini sangat langka. 

Valuasi

Valuasi adalah nilai ekonomi yang menunjukkan nilai dari sebuah perusahaan. Nilai valuasi startup biasanya dipakai untuk melihat seberapa besar perusahaan tersebut. Dalam bisnis startup, sebuah perusahaan sering kali belum berhasil meraih keuntungan selama beberapa tahun. Oleh karena itu, perhitungan valuasi pada startup biasanya melibatkan variabel-variabel lain seperti jumlah pengguna, total transaksi, jumlah tim dan lain sebagainya. 

Venture Capital

Venture Capital atau modal ventura merupakan institusi atau perusahaan yang bergerak di bidang pendanaan. Venture Capital bekerja dengan menyalurkan dana investasi kepada perusahaan-perusahaan rintisan yang memiliki prospek bisnis bagus untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. 

Itulah daftar istilah dalam dunia startup yang perlu kamu ketahui. Ternyata, membangun startup tidak melulu soal teknologi, namun ada banyak aspek bisnis yang lainnya yang wajib dikuasai. 

Nah, jika saat ini kamu memiliki bisnis sendiri, mulailah meningkatkan level bisnismu dengan memperbarui manajemen usaha. Kamu bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk membantu proses pencatatan dan pembukuan keuangan bisnis. Accurate Online yang sudah digunakan oleh ratusan ribu perusahaan di seluruh Indonesia ini dapat diakses GRATIS selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba GRATIS 30 Hari” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

6 Fitur Utama Accurate untuk Membantu Pengusaha Menjalankan Sistem Akuntansi

ademuthia

Mengenal Sejarah Perkembangan Mesin Kasir

Eri Katsir

Market Cap Adalah Hal yang Harus Anda Ketahui di Dunia Investasi, Ini Penjelasannya!

Wida