27.7 C
Jakarta
July 22, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Stres Terlalu Lama Bekerja di Rumah? Baca Dulu Solusinya di Sini!

stress

Stres terlalu lama bekerja di rumah – Selama tiga bulan terakhir kita dipaksa untuk melakukan kegiatan sehari-hari dari rumah demi memutus rantai persebaran virus corona. Namun selama kita #dirumahaja justru lebih banyak orang yang merasa stres tanpa tahu apa penyebabnya.

Dilansir dari tirto.id yang Mengutip laporan Very Well Mind, hasil sebuah studi di 15 negara menemukan bahwa 41 persen pekerja, dengan aktivitas kerja yang tinggi di rumah, merasa tertekan. Hanya 25 persen partisipan riset tersebut yang mengaku nyaman bekerja di tempat yang sama dalam waktu lama.

Padahal secara sekilas, WFH terlihat lebih santai dan memudahkan pekerjaan jika dibandingkan dengan pergi kerja ke kantor. Studi yang dilakukan oleh PBB tersebut juga menyimpulkan bahwa stres ketika bekerja di rumah diakibatkan oleh beberapa faktor. Salah satunya, mereka yang bekerja di rumah mudah stres karena hanya menatap perangkat seperti laptop, smartphone, dan komputer.

Baca Juga: Apakah Corona Akan Hilang dari Indonesia? Temukan Jawabannya di Sini!

Belum lagi jika ternyata ada gangguan-gangguan yang memecah konsentrasi kerja, seperti anak-anak yang rewel, hewan peliharaan yang terus menggonggong, dan distraksi lain seperti media sosial. Beberapa faktor ini menyebabkan seseorang menjadi tidak fokus dan menghabiskan banyak waktu yang kurang produktif.

 

Lalu, Bagaimana cara mengatasi stres terlalu lama bekerja di rumah?

 

Jaga semangat dengan memberikan hadiah untuk diri sendiri

Cara ini dapat dilakukan untuk menjaga motivasi bekerja. Memeri hadiah untuk diri sendiri tiap kali berhasil menyelesaikan sebuah tugas atau memecahkan masalah dapat menyegarkan suasana. Hadiah itu tidak melulu makanan, bisa berupa waktu lima menit bermain bersama peliharaan atau berendam air panas, atau hadiah lain yang bisa memotivasi diri menyelesaikan seluruh pekerjaan dalam satu hari.

 

Buat jadwal selama WFH

Selain kurang interaksi langsung, penyebab utama stres saat WFH lainnya adalah tidak ada batasan antara kehidupan pribadi dan juga profesional. Untuk menyiasati hal ini, kamu harus membuat jadwal kerja yang pasti. Ini sangat penting karena kamu perlu membuat rutinitas baru untuk berkegiatan di rumah, dan juga membuat batasan yang jelas antara kehidupan pribadi dan profesional.

Ketika sudah melewati jam kerja, hentikan semua pekerjaan yang tidak ada urgensinya sama sekali. Jika tidak membiasakan diri untuk membagi jadwal antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, kamu akan terus-menerus merasa stres dan kewalahan

Luangkan Waktu untuk Istirahat

Berhentilah sejenak dari aktivitas dengan memiliki me-time, beristirahat yang cukup untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran dan siap kembali bekerja dan membangun hubungan yang lebih baik dengan orang di sekitar kita. Selain itu mengurangi intensitas mendengarkan, membaca dan melihat berita yang menyebabkan stres juga menjadi cara agar kesehatan mental kita semakin baik.

Cari Lingkungan Baru Secara Online

Kamu juga dapat mencari lingkungan baru secara online, bagaimana caranya? Saat ini ada banyak komunitas yang akhirnya mengalihkan kegiatan komunitas mereka secara online. Salah satunya komunitas Accurate Partner. Dengan bergabung dengan komunitas secara online, kamu bisa bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru yang nantinya bisa menjadi networking kamu kedepannya.

 

Jangan biarkan dirimu merasa kesepian dan stress bekerja di rumah.

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Mau Endorse Selebgram untuk Bisnismu? Perhatikan hal berikut!

admin

5 Alasan Mengapa Software Akuntansi Cloud Menyederhanakan Proses Bisnis

Handry

Mengetahui Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Miftah

Leave a Comment