28.9 C
Jakarta
February 28, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Pengertian Ekonomi Kreatif dan Perkembangannya di Indonesia

Penggunaan istilah industri kreatif mulai sering digunakan sejak sekitar 20 tahun yang lalu. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan dunia bisnis yang sudah mulai mengandalkan ide baru serta didukung dengan teknologi digital seperti sekarang.

Baca Juga: Aplikasi yang Harus Digunakan Saat Bekerja Dari Rumah Karena Virus Corona

Dari mulai produk yang semakin beragam sampai jenis promosi yang bermacam-macam. Bahkan sudah banyak orang yang mulai memasarkan “dirinya sendiri”, menjadi self employee yang menawarkan kemampuannya tanpa terikat sebagai pekerja atau karyawan. Kita menyebutnya freelancer.   

Merealisasikan ide baru dalam suatu bisnis memang tidaklah mudah. Oleh karena itu, dalam dunia kreatif sebuah ide bisnis harus dapat divalidasi dengan percobaan dan riset pasar. 

Pengertian Ekonomi Kreatif

Sebelum membahas tentang perkembangannya, ada baiknya kita memahami dulu apa itu ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep ekonomi baru yang difokuskan pada teknologi informasi seperti digital marketing dengan mengandalkan ide dan kemampuan sumber daya manusia sebagai pelaku utama.

Menurut Departemen Perdagangan Indonesia, ekonomi kreatif adalah sebuah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui peluang dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Jadi, secara keseluruhan ekonomi kreatif adalah budaya bisnis yang dikelola dengan mengandalkan manusia sebagai faktor utama diimbangi dengan keterampilan teknologi informasi dan ide-ide yang baru.

Kreativitas Jadi Faktor Produksi

Adanya sebuah kreativitas sebagai faktor produksi, diharapkan mampu membuat produk tersebut dapat bersaing secara kompetitif di pasar. Pada akhirnya produk tersebut diharapkan memiliki harga jual yang lebih tinggi. 

Baca Juga: Cara Memilih Produk untuk dijual oleh Reseller

Untuk mendapatkan sebuah produk yang berkualitas diperlukan tingkat kreativitas dari pelaku bisnis yang bersangkutan. Itulah mengapa kreativitas dari sumber daya manusia dalam ekonomi kreatif berperan penting terhadap nilai mutu sebuah produk. 

Keterampilan Dalam Ekonomi Kreatif

Berikut ciri serta keterampilan yang dibutuhkan seseorang dalam mengembangkan ekonomi kreatif,

Kompetensi dan Kemampuan Bidang

Nilai plus dari seorang pengusaha yang kreatif adalah ide-idenya. Maka dibutuhkan kompetensi agar berhasil. Namun kompetensi saja tidak cukup harus di imbangi dengan kemampuan bidang.

Kemampuan bidang bisa didapat dengan mengikuti beberapa pelatihan, memperbanyak pengalaman dan menguji beberapa ide.

Keterampilan Kewirausahaan

Keterampilan berwirausaha ini ada demi sebuah proyek perencanaan yang harus berjalan. Keterampilan berwirausaha akan berdampak positif bagi kelangsungan bisnis kamu dalam mengembangkan bisnis di industri ekonomi kreatif.

Menjadi Bagian Komunitas

Ekonomi kreatif mengutamakan aspek sosial disamping keterampilan dan kompetensi. Memiliki relasi sosial yang banyak tentu akan memudahkan pelaku usaha dibidang pemasaran produk. 

Relasi dengan kelompok kreatif bisa berguna untuk memberikan dukungan mental pelaku usaha untuk terus meningkatkan struktur bisnis yang sedang berjalan. 

Perkembangan Ekonomi Kreatif Di Indonesia

Perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia dapat dikatakan memiliki pertumbuhan yang pesat dari tahun ke tahun. Bahkan pada tahun 2006 ekonomi kreatif memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional sebesar Rp 922,59 triliun atau sekitar 7,44% dari PDB Indonesia 2016.

Disisi lain, perkembangan industri ekonomi kreatif  semakin melejit di tanah air. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya usaha-usaha yang penuh dengan beberapa macam ide baru dan tingkat promosi yang tinggi. 

Ini tentu akan memberikan dampak positif bagi negara kita diantaranya adalah stabilitas ekonomi dan bisa memungkinkan untuk terus meningkat laju perekonomian negara Indonesia ini. 

Contoh Ekonomi Kreatif

Ada beberapa contoh bidang ekonomi kreatif,

Advertising (Periklanan)

Membuat sebuah iklan tentu harus dengan ide-ide kreatif. Agar iklan yang dibuat bisa menarik perhatian konsumen. Peran iklan ini bisa dijadikan ide menarik untuk para pelaku ekonomi kreatif dalam menawarkan jasanya.

Arsitektur 

Arsitektur ternyata menjadi bagian penting dari industri ekonomi kreatif. Ini dilihat dari segi budaya dan pembangunan. Dari segi budaya, arsitektur mampu menunjukan karakteristik budaya Indonesia yang beraneka ragam.

Sedangkan dari sisi pembangunan, jelas arsitektur berperan sebagai kelangsungan pembangunan pusat kota.

Fotografi

Di zaman sekarang, banyak sekali foto-foto yang dijadikan sebagai gambar produk yang unik dan menarik. Itulah alasan lain mengapa fotografi termasuk pada bidang ekonomi kreatif. 

Perkembangan dunia fotografi didukung dengan minat generasi millenial yang semakin tinggi terhadap dunia fotografi. Tingginya minat tersebut karena semakin luasnya jaringan media sosial dan harga kamera yang semakin terjangkau.

Desain

Desain menjadi salah satu bidang industri kreatif yang sangat penting peranannya. Desain bisa masuk ke berbagai aspek mulai dari produk, iklan, user interface dan masih banyak lainnya. Profesi sebagai desainer pun kini semakin diminati. 

Fashion

Dunia fashion membutuhkan para desainer baju untuk menciptakan tren baru di masyarakat. Pekerjaan ini tidaklah mudah karena seorang fashion designer juga harus memiliki kemampuan dalam meriset pasar, menemukan kekayaan alam maupun budaya yang dapat diimplementasikan pada karyanya. 

Musik

Industri musik merupakan salah satu industri yang bernilai tinggi. Para musisi dan pekerja musik di dalamnya dapat menerima keuntungan dari penjualan lagu di platform streaming, kegiatan konser, sampai keuntungan hak cipta jika dipakai ke media lain seperti film. 

Penerbitan dan Percetakan

Industri penerbitan ini cocok untuk kamu yang suka menulis. Pengembangan dari bidang ini dapat mengarah ke berbagai hal seperti penerbitan buku, penerbitan pers atau media sampai kehumasan. 

Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan meski terlihat kurang menghasilkan tetapi nyatanya dapat mendatangkan keuntungan besar jika dikelola secara maksimal. Platform media sosial dan e-commerce menjadi faktor penting bagi industri kerajinan karena para pengrajin bisa bertemu dengan konsumen yang lebih luas. 

Kesimpulan

Bisnis ekonomi kreatif semakin menjadi perhatian pemerintah karena punya potensi besar untuk membantu perekonomian. Oleh karena itu, industri kreatif juga butuh manajemen yang baik juga misalnya dalam hal keuangan. Agar kamu bisa melihat sejauh mana keuntungan dan kerugian yang didapat dalam setiap periode laporan keuangan tersebut sekaligus bisa menjadi alat untuk mengambil keputusan.

Software akuntansi Accurate Online merupakan aplikasi keuangan bisnis yang akan mempermudah kamu dalam mengelola keuangan dan bisnis. Beruntungnya, kamu bisa menggunakannya GRATIS selama 30 hari. Jadi, tunggu apa lagi, ayo dicoba.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba GRATIS Accurate Online” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center”]

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Jadi Cantik Sekaligus Berduit, Peluang Bisnis Make Up Artist

ademuthia

Restorasi Arsip Penting Perusahaan Pasca Banjir

ademuthia

Stok Buah Kosong, Karena Virus Corona?

ademuthia

Leave a Comment