26.1 C
Jakarta
February 23, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Pengertian Biaya Peluang, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Biaya Peluang

Biaya peluang adalah konsep ekonomi dari manfaat potensial yang diberikan perusahaan dengan mengambil tindakan alternatif. Dengan kata lain, ini adalah manfaat potensial yang bisa Anda terima jika Anda telah mengambil tindakan A daripada tindakan B

Setiap transaksi dan strategi bisnis memiliki manfaat yang saling berkaitan, tetapi bisnis harus memilih tindakan tertentu. Dengan memilih satu alternatif, perusahaan akan kehilangan manfaat dari alternatif lain. Dengan kata lain, biaya ini bukanlah biaya fisik sama sekali. Itu adalah biaya teoretis atas peluang yang akan didapatkan kedepannya.

Konsep biaya peluang tidak selalu dapat sepenuhnya dihitung pada saat keputusan dibuat. Sebaliknya, orang yang membuat keputusan hanya dapat memperkirakan secara kasar hasil dari berbagai alternatif, yang berarti pengetahuan yang tidak sempurna dapat mengarah pada biaya yang hanya akan terbuang percuma.

Fungsi Biaya Peluang Dalam Bisnis

Biaya Peluang adalah konsep yang berguna yang membantu organisasi atau bisnis untuk menilai tidak hanya apa yang mereka peroleh dengan mengambil keputusan tertentu, tetapi juga untuk merefleksikan apa yang hilang karena tidak memilih tindakan yang berbeda ketika kelangkaan sumber daya memaksa kita untuk memilih suatu tindakan.

Biaya peluang bukan jenis biaya yang biasanya ditangkap dalam sistem akuntansi seperti biaya penggajian dan biaya overhead. Karena itu dapat memaksa organisasi untuk melihat gambaran yang lebih besar ketika mengevaluasi keputusan bisnis.

Konsep biaya peluang diterapkan di berbagai bidang akuntansi manajemen termasuk:

  • Penilaian investasi
  • Pembiayaan hal yang relevan
  • Pemrograman linier
  • Biaya modal
  • Membuat keputusan

Contoh Penerapannya Dalam Bisnis

Manajer harus mengevaluasi biaya alternatif di hampir pada setiap keputusan strategi bisnis utama. Sebagai contoh, sebagai perusahaan produksi perlu meningkatkan biaya produksi dan harus memutuskan apakah akan memperluas pabriknya atau mempekerjakan pekerja shift ketiga.

Ada 2 opsi yang harus dipilih manajer :

  • Manfaat dari perluasan pabrik adalah bahwa perusahaan akan memiliki kapasitas ekstra dan kemampuan untuk mempekerjakan shift ketiga di masa depan.
  • Keuntungan dari mempekerjakan shift ketiga sekarang adalah perusahaan akan menghemat biaya bangunan dan risiko memperluas pabrik.

Seperti yang Anda lihat diatas , kedua alternatif ini memiliki manfaat yang saling eksklusif. Manajemen harus memilih salah satu dari alternatif ini. Setelah banyak perdebatan, manajemen memutuskan untuk menghemat biaya dan mempekerjakan pekerja shift ketiga.

Biaya alternatif manajemen yang mempekerjakan shift ketiga adalah ketidakmampuan untuk meningkatkan kapasitas. Ini juga dapat menyebabkan proyek yang hilang di masa depan karena bisnis tidak dapat menghasilkannya tepat waktu.

Biaya peluang dalam kasus diatas dapat dilihat sebagai harga jika tidak ada tindakan. Dengan kata lain,  perusahaan yang tidak mengambil tindakan alternatif, mereka kehilangan peluang atau menimbulkan biaya alternatif. Ini juga dapat dilihat sebagai kelebihan dan kekurangan dari konsep biaya peluang itu sendiri

Kesimpulan

Perlu Anda ingat, konsep biaya peluang tidak selalu melibatkan uang. Itu juga bisa merujuk pada penggunaan apapun, misalnya waktu. Contohnya, apakah Anda menghabiskan 20 jam mempelajari keterampilan baru, atau 20 jam membaca buku? Istilah ini biasanya diterapkan pada keputusan untuk membelanjakan dana sekarang, daripada menginvestasikan dana tersebut sampai nanti.

Meskipun biaya peluang bukan konsep dalam akuntansi, sehingga tidak muncul dalam catatan keuangan suatu entitas, namun hal ini penting dalam membuat suatu keputusan penting. Indikator perencanaan yang baik adalah dengan pengelolaan biaya peluang yang tepat juga terperinci.

Kesalahan dalam menentukan biaya ini bisa berdampak pada gagalnya usaha yang Anda bangun, untuk itu Anda memerlukan sistem pemantauan transaksi dan keuangan yang baik.

Anda bisa menggunakan Accurate Online. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah banyak digunakan entitas bisnis di Indonesia, mulai dari UKM sampai perusahaan multinasional. Dengan Accurate Online Anda bisa memantau setiap transaksi keuangan bisnis dimanapun, kapanpun.

Accurate Online sendiri memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau jika dibanding dengan software akuntansi buatan indonesia lainnya.

Karena Accurate Online sendiri adalah buatan anak bangsa, maka semua fitur yang ada dalam Accurate Online telah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang ada di Indonesia, seperti fitur hitung pajak yang berlaku di Indonesia sampai fitur smartlink ecommerce yang terintegrasi dengan marketplace besar yang ada di Indonesia (Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak)

Masih ragu dengan Accurate Online? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Sumber : Sugi Priharto

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Pendaftaran Akun

ademuthia

Tertarik Membangun Bisnis Kedai Kopi? Ikuti Tips Berikut ini

Wida

Mau Jalan-Jalan Ke Bali Gratis? Yuk Intip Caranya di sini

ademuthia