26.1 C
Jakarta
February 23, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Cara Jualan di Tokopedia dan Tips Biar Laku Keras

Tokopedia merupakan salah satu pemain penting dalam industri e-commerce di Indonesia. Data yang dirilis iPrice pada kuartal II tahun 2020 lalu menyebutkan Tokopedia setidaknya dikunjungi 86 juta orang setiap bulan. Karena itu, banyak pelaku UMKM yang berusaha memaksimalkan platform ini dan mencari cara jualan di Tokopedia yang sukses. 

Baca Juga: Yuk Cari Tahu 5 Kelebihan Tokopedia dibanding Marketplace Lainnya

Beberapa orang bahkan rela membeli akun seller yang telah memiliki rating bagus sebagai cara cepat sukses jualan di Tokopedia. Namun, cara ini sama sekali tidak direkomendasikan karena bisa melanggar ketentuan Tokopedia. Bila kamu sedang belajar cara jualan di Tokopedia, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Cara Jualan di Tokopedia

Untuk menjadi seller Tokopedia, caranya sangat mudah dan tidak dikenakan biaya sama sekali. Cocok bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis dengan modal kecil. Kamu hanya perlu menyiapkan email dan nomor telepon yang aktif untuk verifikasi. Berikut langkah-langkah mendaftar sebagai seller di Tokopedia. 

  1. Buka website Tokopedia dan klik Daftar jika kamu sama sekali belum memiliki akun. Tokopedia memungkinkan satu akun dapat dipakai sebagai seller atau pengguna biasa. 
  2. Pada bagian atas, klik Toko lalu klik lagi Buka Toko
  3. Masukkan data yang diperlukan seperti nomor telepon, nama pemilik akun, nama toko, dan alamat lengkap. 
  4. Aktivasi akun kamu lewat email atau nomor HP yang sebelumnya telah diinput
  5. Selesai, kamu sudah bisa jualan di Tokopedia. 

Sebagai pencegahan dari oknum yang tidak bertanggung jawab, ingat untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun. Memberikan kode OTP kepada orang lain bisa menyebabkan akun kamu di-hack dan dipakai untuk hal-hal yang tidak benar.  

Tips Sukses Jualan di Tokopedia

Meski memiliki jumlah pengunjung yang besar, jualan di Tokopedia itu gampang-gampang susah karena jumlah seller nya juga banyak. Hingga tahun 2020 ini, jumlah penjual di Tokopedia telah mencapai 8,6 juta orang. Namun jangan patah semangat, beberapa tips berikut ini mungkin akan membantu kamu meraih penjualan di Tokopedia. 

Pakai Gambar Produk Yang Profesional

Para pembeli online melihat kualitas seller dari hal-hal yang kasat mata seperti gambar dan rating. Oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan kualitas gambar produk yang masuk dalam katalog toko online kamu di Tokopedia. Gunakan foto dari beberapa angle kamera agar pembeli mendapatkan gambaran yang jelas mengenai produk yang kamu jual. Gunakan logo bisnis yang menarik pada foto profil agar lebih terkesan profesional. 

Bangun Traffic ke Toko Dengan Media Sosial

Meski banyak orang yang mencari produk secara random di pencarian Tokopedia, kamu perlu memanfaatkan pula media sosial untuk menggiring konsumen ke toko online mu. Jika baru pertama membuka akun seller, sebaiknya dorong konsumen untuk membeli via Tokopedia ketimbang via Whatsapp atau pesan instan lainnya. 

Hal ini penting agar statistik toko kamu mulai meningkat. Seller Tokopedia yang telah memiliki riwayat penjualan yang cukup banyak cenderung lebih dipercaya konsumen. Media sosial juga penting untuk membangun brand toko online kamu agar lebih mudah diingat konsumen. 

Promosikan ke Orang Terdekat untuk Bangun Rating

Rating memiliki pengaruh yang signifikan dalam kesuksesan bisnis online terutama di platform marketplace seperti Tokopedia. Namun, membangun rating tidaklah mudah terutama seller yang baru pertama kali membuka toko. 

Karena itu, kamu perlu menjalankan strategi word of mouth atau strategi dari mulut ke mulut dengan menawarkan produk kepada orang terdekat. Mintalah mereka untuk memberikan rating positif agar pondasi toko online kamu menjadi lebih kuat. 

Fast Respon dan Ramah Terhadap Konsumen

Konsumen di marketplace cenderung menginginkan pelayanan yang cepat. Jam terakhir online dan tingkat kecepatan seller dalam menanggapi pembeli bahkan dijadikan sebuah metrik oleh Tokopedia. Karena itu, usahakan untuk membalas permintaan pelanggan dengan cepat. 

Jika kamu menerapkan kebijakan untuk mengirimkan pesanan pada jam-jam tertentu, informasikan hal ini agar pembeli tidak merasa menunggu terlalu lama. Pastikan juga kamu aktif dalam menjawab pertanyaan maupun review dari pelanggan. 

Tingkatkan Penjualan Dengan Iklan Berbayar

Jika usaha yang kamu lakukan sudah cukup berkembang, tingkatkan level toko online dengan menggunakan fitur premium dan iklan berbayar. Tokopedia memiliki fitur TokoAds yang dapat membantu seller meningkatkan penjualan dengan iklan. Produk kamu akan muncul di hasil pencarian, kategori dan Hot List. 

Perhatikan Data Analitik Toko dan Evaluasi 

Dalam bisnis di ranah digital, semua aktivitas transaksi dan perilaku konsumen dapat terbaca oleh data. Perhatikan metrik seperti “Produk Dilihat”, “Konversi” dan “Pesanan Baru”. Jika produk yang dilihat tinggi namun konversinya rendah, itu berarti perlu ada yang dievaluasi dari toko onlinemu. Bisa jadi, kamu menerapkan harga yang terlalu tinggi atau karena sebab-sebab lainnya. 

Kesimpulan

Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang sayang untuk dilewatkan oleh pelaku UMKM. Selain jumlah penggunanya besar, Tokopedia juga terbuka dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Bangun reputasi yang positif dengan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen menjadi kunci agar sukses jualan di Tokopedia. 

Sebagai pelaku usaha, kamu pun perlu untuk menjalankan strategi manajemen bisnis yang baik. Salah satunya dengan menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online. Aplikasi yang dapat dipakai secara GRATIS selama 30 hari ini bisa membuat laporan keuangan usahamu jadi lebih transparan dan sesuai dengan standar akuntansi bisnis.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Cara Membangun Suasana Kerja yang Nyaman di Rumah

ademuthia

Penting! Pengertian Akuntansi Biaya Serta Fungsinya Bagi Bisnis Anda

ademuthia

Top Up Saldo Accurate Online dan Dapatkan Potongan 100 Ribu

ademuthia

Leave a Comment