28.8 C
Jakarta
February 24, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Tips Meninggalkan Kantor Selama Libur Agar Tetap Aman dari Bencana

Peristiwa banjir dadakan kemarin memang merupakan peristiwa yang tidak terduga. Tidak hanya rumah pribadi yang diterjang banjir namun ada kantor-kantor yang juga yang habis direndam banjir.

Kerusakan akan barang-barang serta dokumen-dokumen penting lainnya yang tidak terselamatkan. Namun tak usah khawatir, arsip penting kantor Anda dapat diperbaiki di Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia. Arsip Nasional RI mempunyai program untuk mempreservasi dan meningkatkan aksesibilitas arsip statis yang merupakan arsip bernilai guna tinggi, salah satunya adalah arsip yang rusak akibat terjadi nya bencana.

Baca Juga: Restorasi Arsip Penting Perusahaan Pasca Banjir

Maka dari itu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kantor Anda saat liburan, harus ada antisipasi bencana terhadap segala dokumen dan berbagaimacam asset penting kantor yang aka ditinggalkan menjelang libur kantor.

 

Lalu hal apa sajakah yang harus dilakukan untuk antisipasi bencana saat akan meninggalkan kantor menjelang weekend ataupun liburan panjang?

 

Selesaikan Pekerjaan

Selesaikan pekerjaan kantor Anda sebelum liburan, agar saat liburan tidak perlu lagi memusingkan apa yang belum diselesaikan di kantor. Selain itu dengan menyelesaikan pekerjaan kantor sebelum liburan dapat meminimalisir hilangnya pekerjaan Anda karena terpaan banjir.

Utamakan pekerjaan yang lebih mendesak untuk segera diselesaikan sebelum liburan. Jika perlu, selesaikan seluruh pekerjaan agar liburan kita semakin tenang. Dalam e-mail, jangan lupa untuk men-setting auto reply agar orang lain tahu bahwa Anda sedang cuti saat ini.

 

Cabut Aliran Listrik yang Tidak Digunakan

Ada baiknya jika Anda mencabut stop kontak yang terhubung dengan listrik, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti contoh banjir. Jika masih ada aliran listrik yamg tersambung saat banjir datang, akan menyebabkan konsleting listrik dan dapat menyebabkan bencana lainnya, yaitu kebakaran. Jadi, jangan lupa untuk mencabut aliran listrik yang ada di kantor ya.

 

Komputer dan Laptop

Komputer dan laptop merupakan perangkat perang yang Anda gunakan dikantor untuk menyelesaikan pekerjaan Anda sehari-hari. Jangan sampai karena Anda sembarangan meninggalkan komputer dan laptop malah nantinya rusak karena terkena air banjir ataupun hilang diambil maling. Jika komputer Anda hilang atau rusak, maka data-data pekerjaan Anda pun bisa hilang tak bersisa, maka berhati-hatilah.

 

Lakukan Back Up Data

Biasakan lakukan backup data pekerjaan Anda ke hardisk eksternal ataupun ke cloud drive. Agar Anda selalu memiliki cadangan data pekerjaan jikalau komputer utama pekerjaan Anda. Terutama Anda yang berada di divisi akunting. Jangan sampai Anda kehilangan data-data keuangan perusahaan Anda. Lakukan Pencatatan keuangan perusahaan Anda dengan Accurate Online, sehingga seluruh data keuangan bisnis Anda aman tersimpan dalam cloud server milik Accurate Online.

Simpan File dan Arsip Berharga di Tempat yang Aman.

Pastikan semua file tersimpan rapi dan aman ditempatnya. Kunci laci, usahakan dibawa pulang barang-barang yang menurut Anda berharga. Selain itu, pastikan tidak ada makanan yang dapat menimbulkan bau busuk (bila ditinggal terlalu lama).

 

Itulah tips untuk meninggialakan kantor agar tetap aman mejelang liburan. Semoga kantor dan tempat bisnis kita selalu aman dari bencana yang ada.

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Wanginya Bisnis Parfum Isi Ulang

ademuthia

Bagaimana Nasib Generasi Sandwich di Tengah Corona?

admin

Sustainability Report: Pengertian, Komponen, Manfaat dan Contohnya

Handry

Leave a Comment