26.1 C
Jakarta
February 23, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Perbedaan Divisi Keuangan dan Divisi Akunting

keuangan atau akunting

Keuangan dan akuntansi adalah jantungnya sebuah bisnis dan bisnis tidak akan pernah bisa lepas dari kedua hal tersebut. Maka dari itu divisi keuangan tidak pernah absen dari daftar divisi yang ada dalam setiap bisnis. Biasanya dalam sebuah divisi keuangan terbagi lagi menjadi dua sub divisi, yaitu keuangan dan akunting. Sebenarnya apa bedanya keua sub divisi tersebut?

Menurut Mebiso.com terdapat 5 perbedaan utama antara divisi keuangan dan divisi akunting.

Definisi

Secara definisi divisi akunting merupakan divisi yang mengurus persiapan pencatatan akuntansi. Sementara divisi keuangan /finance merupakan divisi yang mengelola secara efisien dan produktif terhadap aset dan kewajiban berdasarkan informasi yang ada di perusahaan tersebut.

Kinerja

Secara kinerja, kedua divisi ini saling keterkaitan satu sama lain. Divisi akunting bertugas untuk mengukur, mempersiapkan, menganalisa, dan menginterpretasi laporan keuangan. Untuk mengumpulkan dan menyajikan informasi keuangan. Sementara untuk divisi keuangan bertugas dalam Pengambilan keputusan mengenai isu-isu modal kerja seperti tingkat persediaan, memegang uang tunai, tingkat kredit, strategi keuangan, mengelola dan mengendalikan arus kas.

Alat-Alat Pendukung Kinerja

Karena divisi akunting nantinya akan menginterpretasi laporan keuangan, maka instrumen pendukung kinerja divisi akunting berupa Neraca, laporan laba rugi buku besar, deklarasi posisi, dan laporan arus kas. Sementara itu untuk divisi keuangan berpaku pada Laporan kinerja, analisis rasio, analisis risiko, menentukan break even point, pengembalian investasi, dll.

Penentuan Dana

Meskipun keduanya sama-sama mengurusi keuangan dalam sebuah usaha, namun ada beberapa prinsip yang cukup berbeda dalam melakukan penentuan dana yang ada dalam perusahaan. Pada divisi akunting Pendapatan diakui pada titik penjualan dan tidak ketika itu dikumpulkan. Beban diakui pada saat terjadinya daripada ketika mereka dibayar. Sementara untuk divisi keuangan Pendapatan diakui pada saat penerimaan aktual tunai sebagai arus kas dan biaya diakui pada saat pembayaran sebenarnya dilakukan seperti pada arus kas keluar.

Tujuan Akhir

Baik itu divisi akunting ataupun keuangan, keduanya hadir untuk membuat sebuah usaha tetap hidup. Namun keduanya memiliki tujuan masing-masing yang masih saling berkaitan satu sama lain. Divisi akunting dengan segala intrsumen dan kinerjanya bertujuan untuk memantau operasi dan transaksi harian, serta mengurus perpajakan. Sementara untuk divisi keuangan akan menganalisa operasi dan transaksi harian sebuah bisnis untuk meramalkan kinerja masa depan sebuah bisnis nantinya.

 

Namun baik keuangan ataupun akunting keduanya sama-sama membutuhkan sebuah software pencatatan dan pelaporan keuangan bisnis, Accurate Online. Baik dari segi keuangan ataupun akuntansi, Accurate Online dapat membantu melakukan pencatatan transaksi dan bahkan menyiapkan laporan keuangan arus kas dan 200+ laporan pendukung kinerja bisnis lainnya.

Penasaran dengan Accurate Online?

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Accurate Online Kerjasama dengan Moka Pos Perkuat Market Retail

ademuthia

Yuk Kenalan dengan Industri Jasa Keuangan di Indonesia

ademuthia

10 Peluang Bisnis dengan Modal 1 Juta Rupiah, Tertarik untuk Mencoba? (Part I)

ademuthia

Leave a Comment