26.1 C
Jakarta
February 23, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Mengenal Fungsi dan Cara Pembuatan Jurnal Penutup

Dikenal dengan istilah asing sebagai closing journal entry, jurnal penutup ini adalah jenis jurnal yang nantinya akan dibuat pada akhir perode. Pembuatan jurnal ini yang nantinya akan menutup segala jenis akun-akun yang bersifat sementara.

Fungsi jurnal penutup ini adalah menutup akun-akun. Dengan adanya penutupan akun-akun, maka diawal periode akutansi nominal saldo yang ada akan kembali menjadi nol. Beberapa jenis akun yang akan ditutup tersebut tergolong di dalam akun pembantu modal seperti akun laba rugi dan akun private serta akun nominal seperti akun beban dan pendapatan.

Dengan adanya pembuatan jurnal ini, maka hanya akan menyisakan sebuah tugas selanjutnya yakni melakukan perkiraan rill di dalam liabiliti, kapital maupun aset. Pembuatan dari jurnal penutup ini nantinya akan disamakan dengan bentuk maupun jenis perusahaan yang menggunakannya.

Ini tidak hanya digunakan pada perusahaan saja, juga digunakan pada Firma, PT maupun CV. Tentunya dengan format yang berbeda, karena setiap jenis badan usaha tidak menggunakan maupun memiliki modal yang sama.

Tujuan Jurnal Penutup

Setelah mengetahui secara singkat pengertian dari jurnal penutup, sekarang kita akan membahas apa-apa saja tujuan dari jurnal penutup tersebut, yaitu:

  • Ini akan mereset atau mengembalikan nilai saldo kembali menjadi nol di setiap akun-akun sementara dan akan menutup saldo tersebut.
  • Akan memberikan sebuah gambaran akun saldo yang tepat untuk berada di sebuah akhir periode. Nantinya, jumlah saldo yang ada akan setara dengan laporan yang ada di dalam neraca.
  • Memberikan perbedaan yang membedakan akun beban dengan akun pendapatan hingga nominal yang ada di kedua akun tidak tercampur.
  • Memberikan gambaran awal untuk nominal neraca di bagian awal periode setelah dilakukan penutupan buku.
  • Pemisahan transaksi awal periode dan akhir periode. Sehingga jika ada pemeriksaan maka akan lebih mudah.
  • Memberikan gambaran jelas tentang kondisi dan nominal keuangan sebuah badan usaha setelah penutupan buku dilaksanakan. Dimana akun yang sebenarnya akan diterapkan berdasarkan harga, ekuitas dan kewajiban.

Beberapa akun yang sejatinya membutuhkan jurnal ini ketika mendekati akhir periode adalah :

  • Pendapatan
  • Beban
  • Saldo Laba rugi atau ikhtisar
  • Prive

Langkah-Langkah Penyusunan

Ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan jika ingin menyusun jurnal ini diakhir sebuah periode. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwasanya jurnal ini akan sangat berguna untuk memisahkan data transaksi di akhir dan diawal periode baru akutansi. Jadi, berikut panduan langka-langkah dalam penyusunan jurnal ini, yaitu:

Penutupan Akun Pendapatan

hal pertama yang harus dilakukan tentunya melakukan penutupan disetiap akun pendapatan yang ada. Cara yang digunakan tidak sulit. anda hanya perlu melakukan pengkreditan akun ikhtisar untuk perhitungan laba maupun rugi. lakukan juga langkah pendebetan terhadap akun pendapatan.

 Menutup Semua Akun Beban

Langkah yang dilakukan tentunya tidak jauh berbeda dengan cara penutupan akun pendapatan. Anda hanya perlu melakukan pengkreditan terhadap akun beban setelah melakukan pendebetan terhadap akun laba rugi.

Penutupan Akun Laba Rugi

Cara yang dilakukan untuk langkah ini juga tidak sulit. Yang perlu anda lakukan adalah menghitung seberapa besar selisih yang ada antara beban dan pendapatan selama periode berlangsung.

Menutup akun drawing atau prive

Untuk langkah selanjutnya, maka anda diharuskan melakukan debet akun modal dan kemudian melakukan kredit terhadap akun prive.

Penyusunan dari jurnal ini sendiri hanya perlu dilakukan sekali dalam periode. Sesuai dengan namanya, ini adalah jurnal yang disusun diakhir periode akutansi. Biasanya sebuah periode akan berlangsung dalam kurun waktu satu tahun lamanya.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola proses akuntansi perusahaan Anda, Anda bisa menggunakan software akuntansi terbaik. Gunakan Accurate Online untuk pengelolaan setiap laporan keuangan Anda.

Dengan Anda Accurate Online Anda bisa membuat laporan keuangan dengan cepat dan mudah, mulai dari laporan laba rugi, neraca, dan laporan keuangan lainnya. Tunggu apalagi? buat bisnis Anda menjadi lebih mudah dengan Accurate Online. Coba sekarang! gratis 30 hari melalui link ini.

 

Sumber : Artikanesa

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Efek Lembur Bagi Kesehatan Karyawan

ademuthia

Tinggal 1 Hari Lagi untuk Bisa Dapatkan Diskon 2 juta dari Accurate Online

admin

UKM dan UMKM Harus Tau! Manfaat Merencanakan Keuangan Bisnis

ademuthia