32 C
Jakarta
February 27, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Pentingnya Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Perusahaan

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah aktivitas yang menghubungkan laporan keuangan dengan sebuah sistem, pelaksanaanya tetap berpacu pada pengerjaan akuntansi pada umumnya seperti perhitungan, pengikhtisaran, diikuti dengan pengumpulan, pemrosesan dan audit terhadap data keuangan yang ada.

SIA tentu merupakan sebuah kegiatan yang sangat dibutuhkan untuk perusahaan kamu. Terlebih lagi, sistem ini akan sangat membantu kinerja kamu dalam melakukan perhitungan pengeluaran dan pemasukan perusahaan kamu secara berkala.

Baca Juga: Cara Mudah untuk Membayar Pajak Bumi dan Bangunan

Bukan hanya itu, SIA juga dapat membantu kamu untuk menyimpan data-data perusahaan yang berkaitan dengan keuangan, seperti data pengeluaran operasional perusahaan, data gaji karyawan, pajak perusahaan dan pesanan penjualan semuanya akan masuk pada sistem ini. 

 

Nilai Guna SIA Yang Dikelola Dengan Baik Oleh Perusahaan

Sebagai pemilik perusahaan, kamu tentu harus bisa mengelola bisnis tersebut dengan baik, bukan hanya pada strategi penjualan atau bahkan meneliti pangsa pasar yang ada, tapi juga harus bisa menganalisa struktur pengembangan perusahaan agar senantiasa menguntungkan bagi kamu selaku pemilik perusahaan. 

SIA akan secara rinci membuat semua hal yang kamu inginkan menjadi lebih maksimal ketika proses pengelolaan sistem itu berjalan dengan sebagaimana mestinya. 

Itulah mengapa, SIA harus selalu dikelola dengan baik, karena SIA ini secara keseluruhan akan mampu memudahkan proses bisnis yang sedang kamu jalani melalui pedoman informasi berbasis data laporan keuangan secara sistematis. 

Komponen Pada SIA

Terdapat beberapa komponen penting pada SIA yang secara keseluruhan saling terhubung,

  1. Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia merupakan komponen yang paling penting dalam adanya penggunaan sistem, termasuk Sistem Informasi Akuntansi ini. Adanya SIA jelas lebih memudahkan manusia untuk bekerja lebih efektif dan efisien, sebagaimana manusia adalah subjek dari pelaksanaan sistem informasi tersebut.

 

  1. Prosedur Akuntansi

Prosedur akuntansi ini berkaitan langsung dengan Stkamur Operasional Prosedur (SOP) perusahaan kamu dan Stkamur Akuntansi Keuangan (SAK) yang ada. 

 

  1. Data

Secara keseluruhan data ini merupakan bagian-bagian dari suatu komponen yang telah tersimpan secara terorganisir secara elektronik pada sebuah sistem. Seperti halnya SIA, data-data yang disimpan tentu akan langsung berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan.

 

  1. Software dan Hardware yang Terhubung Dengan Internet

Software dan Hardware ini merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan selama kamu menggunakan sebuah sistem dalam menjalani bisnis tersebut. Akan cukup banyak biaya operasional yang dikeluarkan ketika dua hal ini terus dijalankan.

Tetapi, manfaat yang diperoleh bisa lebih banyak dari itu, asalkan kamu bisa menggunakan semua sistem tersebut dengan baik.

 

  1. Kontrol Internal

Kontrol internal ini memiliki kaitan melalui pengendalian sebuah sistem itu sendiri dengan sumber daya manusia yang ada, dirancang untuk membantu perusahaan mencapai suatu tujuan tertentu.

 

Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi

Sebagai salah satu penerapan pelaksanaan laporan keuangan modern. SIA memang harus bisa digunakan secara baik. Kamu, sebagai pemilik perusahaan tentu harus bisa menguasai sistem ini dan bertanggung jawab atas segala keputusan berdasarkan data perhitungan yang ada didalamnya.  

Selain itu, dalam penerapannya, SIA pada perusahaan akan memberikan dampak positif dari berbagai sisi.

Sistem ini diciptakan bukan hanya untuk untuk mempermudah pencatatan dan penyimpanan database secara umum saja. Lebih dari itu, perusahaan akan lebih siap menghadapi era digital dan revolusi industri 4.0 yang sekarang sudah mulai berjalan. 

Manfaat SIA Bagi Perusahaan kamu

Berikut adalah beberapa manfaat SIA bagi perusahaan kamu,

  • Menyiapkan informasi keuangan dengan baik, valid, terstruktur dan tepat waktu sehingga perusahaan kamu dapat melaksanakan setiap aktivitas bekerja dengan maksimal.
  • Meningkatkan kualitas melalui sebuah sistem dan mengurangi biaya produksi dan biaya operasional lainya.
  • Peningkatan dalam hal keefektifan dan keefisienan.
  • Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.
  • Menambah nilai kualitas kerja pada bagian keuangan.

Kesimpulan 

Itulah beberapa penjelasan mengenai pentingnya penerapan sistem informasi akuntansi pada perusahaan. Metode penerapan SIA yang baik tentu akan membawa perusahaan menuju tingkat produktivitas yang baik pula.

Nah, Jika kamu adalah seorang pemilik usaha atau memiliki rencana untuk membangun usaha, tentu akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan, dari pengetahuan-pengetahuan, pengelolaan usaha dan struktur pengelolaan keuangan yang baik untuk para divisi-divisi kamu nantinya, salah satunya pada bagian keuangan atau akuntan.

Jika kamu kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, kamu bisa menggunakan Accurate Online. Accurate online adalah software akuntansi yang cocok untuk diterapkan pada berbagai jenis usaha, seperti perusahaan dagang dan perusahaan jasa. Accurate Online dapat diakses secara GRATIS selama 30 hari.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Berbagai Ide Nama Usaha Makanan yang Unik, Lengkap dengan Contohnya

Wida

Tambah Pengguna di Accurate Online

ademuthia

Beda RATE dengan FISCAL RATE

ademuthia

Leave a Comment