26.1 C
Jakarta
February 23, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Kriteria Staff Akunting untuk Perusahaan

Staff akunting – Setiap perusahaan pasti memiliki divisi keuangan serta akunting tersendiri untuk mengelola setiap transaksi yang terjadi di perusahaan mereka.  Divisi ini bertanggung jawab atas keuangan organisasi termasuk diantaranya membuat laporan keuangan. Laporan ini akan digunakan untuk menilai kesehatan dan perkembangan perusahaan serta sebagai bahan pertimbangan bagi stakeholder atau investor dalam mengambil berbagai keputusan yang melibatkan masa depan perusahaan.

Baca Juga: Laporan Keuangan Dasar untuk UKM dan UMKM

Besarnya peran dan fungsi divisi keuangan membuat demand atau permintaan akan tenaga kerja di bidang ini terus meningkat. Saat ini ada sekitar ribuan lowongan di bidang akunting, perpajakan dan keuangan. Banyaknya permintaan juga membuat ilmu akuntansi dan keuangan banyak diminati calon mahasiswa dengan harapan bisa bekerja di bidang yang paling dibutuhkan perusahaan.

Maka dari itu ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar Anda dapat menjadi staff akunting terbaik yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Kriteria Staff Akunting

Memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai (D3 / S1 Akuntansi)

Kriteria dasar untuk menjadi staff akunting pastinya harus memiliki latar belakang disiplin ilmu akuntansi terlebih dahulu. Mengapa? Karena akuntansi merupakan ilmu khusus yang membutuhkan kemampuan akurasi yang tinggi.

Dari masa sekolah hingga bekerja, orang akuntansi dididik untuk menjadikan akurasi sebagai nilai yang tidak boleh dikompromikan. Nyaris tidak ada ruang untuk tidak akurat. Ketidakakuratan adalah cacat. Ketidak akuratan adalah masalah. Ketidak akuratan adalah kegagalan.

Menguasai aplikasi komputer untuk akunting

Di era modern ini, informasi dan berita terbaharui dengan sangat cepat melalui media apapun, khususnya internet. Perkembangan informasi ini harusnya juga diikuti oleh para akuntan agar pengetahuan dan kemampuan mereka tetap terbaharui juga. Akuntan juga harus up to date dengan inovasi-inovasi di bidang akuntansi. Akuntan yang up to date akan dapat menyelesaikan permasalahan akuntansi yang ada dengan cepat, tepat dan akurat.

Accurate Online, software akuntansi dengan fitur terlengkap yang dapat memenuhi kebutuhan seluruh pengusaha di Indonesia. Dari mulai pencatatan transaksi sampai dengan dokumen pendukung pelaporan pajak dapat disajikan oleh Accurate Online.

Memiliki Kecepatan Respon yang Tinggi

Staff akuntaning harus bersifat tanggap tentang kondisi finansial yang sedang dialami oleh perusahaan mereka. Tingkat respon ini mampu mempengaruhi keputusan seorang pebisnis ketika akan mempekerjakan seorang akuntan baru. Apa artinya jika seorang akuntan kurang responsif terhadap kondisi finansial yang ada? Justru hal ini akan membawa perusahaan tersebut pada kerugian, bukan? Seorang akuntan juga perlu memiliki sifat komunikatif sehingga ia bisa mendiskusikan apa pun pada orang yang mempekerjakannya terkait kondisi finansial perusahaan.

Mengerti Urusan Perpajakan

Tidak hanya mengurusi pencatatan transaksi perusahaan saja, namun seorang staff akunting juga terkadang dituntuk untuk memahami urusan perpajakan. Karena biasanya divisi akunting dan divisi keuangan dijadikan satu dan akhirnya staff akunting pun harus mengurus administrasi serta dokumen – dokumen lain yang dibutuhkan untuk melakukan pelaporan serta pembayaran pajak.

Baca Juga: 8 Jenis Pajak yang Harus dibayarkan oleh Perusahaan

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Retail Assistant: Sosok Yang Penting Dalam Bisnis Retail, Ini Tugasnya!

Wida

Wajib Baca, Kiat Amazara Bangkit dari Kebangkrutan.

ademuthia

Kenalan Dulu dengan Tahapan Akuntansi untuk UKM dan UMKM

admin

Leave a Comment