26.1 C
Jakarta
February 23, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

5 Pengusaha Muda Yang Sukses Bangun Startup Sampai Go Internasional

Minat anak-anak muda Indonesia untuk berwiraswasta semakin tinggi seiring dengan semakin mudahnya akses terhadap informasi dan pendanaan. Banyak tokoh pengusaha muda tanah air yang sukses menginspirasi generasi saat ini untuk membangun bisnis atau startup sendiri. 

Beberapa pengusaha muda ini menjadi “idola baru” generasi sekarang karena kesuksesannya membangun startup teknologi. Tidak tanggung-tanggung, produknya bahkan sudah berekspansi ke berbagai negara. 

Meski minatnya terus tumbuh, rasio pengusaha di Indonesia terhadap jumlah penduduk masih kecil bila dibanding negara lain. Rasio jumlah pengusaha Indonesia masih di angka 3,5 persen, tertinggal dari negara lain seperti Malaysia (5 persen), Singapura (7 persen), dan China (10 persen).

Baca Juga: Dear Para Pengusaha, Ini Loh Cara Menyusun SOP Perusahaan

Nah, daftar 5 pengusaha muda di bidang startup teknologi berikut ini mungkin dapat memotivasi kamu untuk menjadi generasi pengusaha selanjutnya. 

Nadiem Makarim – Gojek

Nama Nadiem Makarim dikenal luas oleh masyarakat sebagai salah satu pendiri startup ride sharing di Indonesia. Ia merupakan lulusan sekolah bisnis Universitas Harvard yang juga ikut mendirikan Zalora Indonesia. Nadiem merupakan salah satu founder startup yang paling sukses dengan kekayaan mencapai Rp1, 23 triliun. 

Gojek yang didirikan oleh Nadiem pada tahun 2009 itu kini sudah memiliki jutaan pengguna di Indonesia maupun negara lain seperti Singapura, Vietnam dan Thailand. Gojek bahkan sudah menjelma sebagai startup super app yang memiliki banyak fitur dalam satu aplikasi. Tidak terbatas pada layanan ride sharing namun sudah merambah pemesan makanan, kirim barang sampai pembayaran digital. 

Ferry Unardi – Traveloka

Nama Ferry Unardi memang tidak seterkenal pendiri startup lainnya seperti Nadiem Makarim atau Achmad Zaky dari Bukalapak. Namun, Ferry Unardi berhasil membangun startup Traveloka, sebuah layanan pemesan tiket pesawat dan hotel hingga ke berbagai negara. 

Ferry Unardi terinspirasi untuk membuat Traveloka karena pernah kesulitan membeli tiket pesawat dari Amerika ke kampung halamannya di Padang. Berangkat dari keresahan itu, Ferry kemudian menciptakan layanan yang dapat membandingkan harga tiket setiap maskapai penerbangan.

Baca Juga: 4 Modal Jadi Pengusaha Sukses di 2020!

Hingga saat ini, Traveloka sudah berhasil masuk ke pasar luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Pada 2019, Traveloka sudah mendapatkan pendanaan sedikitnya US$ 420 juta. 

Kevin Mintaraga – Bridestory

Kevin Mintaraga merupakan sosok kreatif di balik layanan marketplace khusus vendor pernikahan bernama Bridestory. Kevin yang memiliki latar belakang pendidikan Computer Science di salah satu universitas di Australia tersebut membuat layanan yang membantu calon pengantin memilih aneka vendor untuk pernikahan mereka. 

Bride Story yang didirikan pada 2014 lalu itu sudah beroperasi di sejumlah negara yakni Malaysia, Filipina dan Singapura. 

Adamas Belva Syah Devara – Ruangguru

Pengusaha muda yang satu ini punya kepedulian tinggi terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Adamas Belva Syah Devara merupakan salah satu pendiri startup Ruangguru yang membantu siswa mendapatkan materi belajar tambahan. 

Pria kelahiran tahun 1990 ini pernah masuk dalam Forbes 30 under 30 Asia oleh Forbes Magazine. Startup Ruangguru yang dipimpinnya berhasil meraih 15 juta pengguna dan sudah merambah pasar Vietnam. 

Diajeng Lestari – Hijup

Hijup merupakan islamic fashion e-commerce terbesar di Indonesia yang digagas oleh Diajeng Lestari. Hijup menyediakan berbagai produk fashion perempuan muslimah seperti pakaian, kerudung dan mukenah dari beragam desainer. 

Diajeng Lestari lulus dari Universitas Indonesia pada 2008, sempat bekerja kantoran dan mendirikan startup nya sendiri pada 2011. Perkembangan Hijup terbilang pesat karena sudah berhasil merambah pasar negara lain seperti Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura.  Hijup punya ambisi besar untuk membawa produk-produk Indonesia ke kancah internasional. 

Itulah beberapa pengusaha muda Indonesia yang sukses membawa nama bangsa melalui startup yang didirikannya. Kerja keras dan inovasi tiada henti menjadikan bisnis mereka disukai dan diterima oleh masyarakat. 

Bukan tidak mustahil, kamu pun bisa mengikuti jejak mereka. Jika saat ini kamu sedang menjalankan bisnis, teruslah kembangkan produk atau layanannya dengan inovasi yang menarik. Selain itu, mulai tingkatkan profesionalisme pengelolaan bisnis kamu dengan aplikasi keuangan seperti Accurate Online untuk pencatatan keuangan usaha. Accurate Online yang dapat diakses secara GRATIS selama 30 hari ini bakal memudahkan kamu dalam merapikan pembukuan keuangan usaha.

[andaman_services_button display=”block” andaman_text=”Coba Accurate Online GRATIS 30 Hari” andaman_href=”https://trial.accurate.id/?a=VP20KQN2″ color=”blue” andaman_size=”large” align=”center” target=”1″]

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Error “Can Not Get Person Data”

ademuthia

Siapa Saja yang WAJIB Membayar Pajak? Apakah Kamu Salah Satunya?

ademuthia

5 Cara yang Dapat dilakukan oleh Pemilik Bisnis untuk Membuat Suasana Kerja yang Nyaman

ademuthia

Leave a Comment