31.4 C
Jakarta
February 27, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Mengenal Macam-macam Jurnal Yang Ada Dalam Akuntansi

Akuntansi adalah seluruh catatan transaksi keuangan yang ditulis dalam sebuah jurnal. Pencatatan transaksi keuangan ini bukan hanya sekedar pencatatan biasa. Jurnal dalam akuntansi ini memiliki tujuan agar dihasilkan laporan keuangan yang benar dan akurat. Pencatatan jurnal dilakukan secara kronologis dan sistematis serta memuat catatan modal, aset, biaya, neraca saldo bahkan neraca lajur.

Pengertian Jenis-Jenis Jurnal dalam Akuntansi

Perlu diketahui, catatan yang memuat transaksi ini ada berbagai jenis jurnal. Beberapa jenisnya, yaitu jurnal umum, jurnal khusus, jurnal penyesuaian, jurnal penutup, dan jurnal pembalik. Dalam masing – masing jenis jurnal ini terdapat perbedaan dalam pengerjaanya. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai jenis – jenisnya :

1.     Jurnal Umum

Pada umumnya jurnal umum merupakan jurnal akuntansi yang berisi semua transaksi keuangan. Pencatatan jurnal umum dilakukan dalam periode tertentu atau dijadikan sebagai buku harian. Jurnal ini juga dilakukan secara sistematis.

Dalam jurnal umum terdapat lima akun yang harus diperhatikan saldo normalnya. Akun tersebut diantaranya aset (harta/aktiva), Utang, modal, pendapatan, dan beban. Untuk mengetahui tips pencatatan jurnal umum Anda bisa membacanya pada artikel ini.

2.     Jurnal Khusus

Jurnal khusus adalah jurnal atau catatan transaksinya di kelompokkan sesuai jenisnya. Dalam jurnal khusus ini juga masih terdapat jenisnya. Jenis jurnal khusus, diantaranya jurnal pembelian, penjualan, penerimaan kas, dan pengeluaran kas. Masing – masing jurnal tersebut memiliki fungsi masing – masing yang bisa Anda baca di sini.

Penggunaan jurnal khusus ini akan membuat bisnis Anda menghasilkan pencatatan yang lebih sistematis, proses data transaksi lebih cepat, mengetahui data transaksi lebih jelas dan terperinci, juga proses pencatatan ke dalam buku besar akan jauh lebih mudah.

3.     Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian merupakan jurnal yang biasanya di catat pada akhir periode. Dalam jurnal ini biasanya berisi transaksi yang belum dicatat atau salah, atau transaksi yang perlu disesuaikan. Pada artikel ini Anda bisa mengetahui lebih jauh tentang fungsi, dan tujuan jurnal penyesuaian

Pada jurnal penyelesaian ini biasanya berisi sewa di bayar di muka atau beban sewa. Sewa di bayar di muka biasanya masuk dalam debit. Sementara beban sewa masuk dalam kredit. Untuk mengetahui ayat jurnal penyesuaian, Anda dapat melihatnya disini.

4.     Jurnal Penutup

Jurnal penutup bertujuan untuk mengetahui laba atau rugi dari sebuah perusahaan. Akun yang harus dimasukkan dalam jurnal ini terdapat empat akun. Empat akun tersebut, diantaranya akun pendapatan, akun beban, rekening prive dan rekening ikhtisar laba/rugi. Anda dapat membuat jurnal pentup dengan mengikuti langkah-langkah pada artikel ini.

5.     Jurnal Pembalik

Setelah jurnal penutup, ternyata masih ada satu jurnal lagi yaitu jurnal pembalik. Mengapa dikatakan jurnal pembalik? Pada jurnal ini merupakan kebalikan dari jurnal penyesuaian. Yang dimaksud di balik, yaitu misalkan saldo pada jurnal penyesuaian berada pada debit maka pada jurnal pembalik diletakkan pada saldo kredit. Lebih jelasnya Anda dapat dibaca melalui artikel ini.

Contoh Macam-macam Jurnal Akuntansi dalam Perusahaan

Berdasarkan jenis – jenis jurnal yang telah disebukan, untuk lebih jelasnya jika disertai dengan contoh – contohnya. Berikut ini akan dibahas mengenai contoh dari masing – masing jurnal.

Jurnal Umum

Contohnya: Pada tanggal 24 September 2019 Toko Elektronik membeli peralatan dan perlengkapan kantor masing-masing sebesar Rp12.000.000 dan Rp8.000.000, maka jurnal umumnya sebagai berikut:

 

Tanggal Keterangan Ref Debet Kredit
24 September 2019 Peralatan 12.000.000
Perlengkapan 8.000.000
Kas 20.000.000
Total 20.000.000 20.000.000

 

Jurnal Khusus

Seperti yang bahas diatas, jurnal khusus memiliki banyak jenis. Untuk contoh kami ambil adalah jurnal penjualan yang termasuk dalam jurnal khusus dengan kasus seperti dibawah ini :

Tanggal 6 Juli dilakukan transaksi penjualan dengan nomor faktur 011 sejumlah barang dagang kepada Toko Bersama seharga Rp.3.200.000 dengan syarat n/30. Lalu, tanggal 10 Juli dilakukan transaksi penjualan dengan nomor faktur 012 sejumlah barang dagang kepada Toko Sahabat seharga Rp.2.400.000 dengan syarat n/30. Untuk jurnalnya adalah sebagai berikut :

 

Tanggal No faktur Debitur Syarat Pembayaran Jumlah
6 Juli No 011 Toko Bersama n/30 3.200.000
10 Juli No 012 Toko Sahabat n/30 2.400.000
Jumlah 5.600.000

 

Jurnal Penyesuaian

Contoh kasus : Pada tanggal 1 September 2019 dibayarkan uang sewa gedung untuk satu tahun sebesar Rp24.000.000, maka pada jurnal setiap bulan Anda harus membuat jurnal penyesuaian untuk sewa tersebut sebesar Rp 2.000.000. Maka laporan jurnal penyesuaiannya bulan pertama seperti berikut ini:

 

Tanggal Keterangan Ref. Debit Kredit
24 Sep 2019 Sewa dibayar di muka 22.000.000
Beban sewa 22.000.000

 

Jurnal Penutup

Contohnya kasus : saldo akun pendapatan pada akhir periode diketahui sebesar Rp100.000.000 Jadi, membuat jurnal penutup nya sebagai berikut:

 

No Keterangan Debit Kredit
1 Pendapatan 100.000.000
Ikhtisar laba/rugi 100.000.000

 

Jurnal Pembalik

Contoh jurnal pembalik ini diambil dari kasus yang dipakai pada jurnal penyesuaian sebelumnya. Jadi, jurnal pembaliknya yaitu:

 

Tanggal Keterangan Ref. Debit Kredit
24 Sep 2019 Beban sewa Kredit
Sewa dibayar di muka 22.000.000

 

Kelola semua Jurnal Akuntansi lebih Mudah dengan Accurate Online

Setelah Anda mengerti berbagai jurnal akuntansi, selanjutanya Anda bisa menerakan pada pembukuan bisnis Anda. Untuk pembukuan manual, ada baiknya jurnal dibuar berbeda untuk kemudahan Anda saat pembuatan laporan keuangan. Memang sedikit memakan waktu, tapi memang seperti itu aturannya.

Jika Anda ingin melakukan pembukuan dengan mudah Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai solusi pembukuan Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berabasis cloud dengan fitur terlengkap, mudah digunakan, dan harga yang terjangkau.

Dengan Accurate Online, pembukuan bisnis Anda akan jauh lebih mudah dan menghemat waktu. Jika Anda tertarik untuk mencoba Accurate Online, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Sumber : Sugi Priharto

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Penjelasan Acid Ratio Pada ACCURATE Dashboard

ademuthia

Bisnis Katering Diet! Bisnis Sehat, Untung Melimpah

ademuthia

3 Langkah Mudah Membuat SKDU!

ademuthia