26.1 C
Jakarta
February 23, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Ladang Cuan, Bisnis Jual Beli Barang Bekas

Jual beli barang bekas – Saat ini kita sedang menikmati kemudahan dalam berbelanja. Semakin seringnya kita membeli barang-barang baru, seiring waktu barang yang biasa kita gunakan pun akhirnya tergantikan dengan barang yang baru saja kita beli. Pada akhirnya barang tersebut menjadi tak terpakai dan akhirnya menumpuk di gudang.

Tak jarang barang bekas pakai yang menumpuk di Gudang memiliki kondisi yang layak serta fungsi yang masih sangat baik. Daripada semakin banyak barang bekas menumpuk di Gudang, bagaimana kalau barang bekas tersebut kita manfaatkan menjadi sesuatu yang menguntungkan.

Barang bekas tidak selamanya berarti barang yang tanpa manfaat dan nilai. Barang bekas bisa jadi sangat menguntungkan bagi pemiliknya jika ia mampu memaksimalkannya menjadi sebuah usaha atau bisnis yang baik. Apalagi di Indonesia, dimana keberadaan barang bekas layak pakai ini masih sangat diperhitungkan karena dengan sedikit sentuhan kreativitas, barang-barang bekas ini akan bisa digunakan kembali.

Bisnis jual beli barang bekas, memang sudah tidak asing lagi di kalangan kaum urban saat ini. Bahkan, tidak sedikit juga yang mengandalkan toko barang bekas untuk mencari pakaian layak pakai. Tentunya, masih memiliki kondisi yang sangat baik dan terawat. Jika Anda berminat untuk menyalurkan kebutuhan konsumen akan fashion, tidak ada salahnya membuka bisnis jual beli barang bekas. Akan banyak keuntungan yang dihasilkan, bahkan Anda juga dapat beramal dari hasil jual barang bekas tersebut.

Dunia bisnis memang seharusnya dikerjakan tanpa melihat apa rupa yang diperjualbelikan-selain produk yang dilarang pemerintah- tentu melakukan jual beli barang bekas pun ternyata menyita perhatian karena keuntungannya berlipat ganda.

Teringat dengan bisnis jual beli mobil kuno yang awalnya hanya ratusan dolar, setelah dipegang oleh kolektor mobil bekas dan dipermak dengan sedemikian rupa ternyata berubah menjadi kendaraan yang harganya fantastis. Nilainya bisa berlipat-lipat harganya dari mobil baru keluaran Jepang misalnya.

Sungguh bisnis yang membuat pelakunya bisa menikmati keuntungan yang menggiurkan.

Jika Anda ingin mulai terjun dalam bisnis barang bekas, simak beberapa tips berikut ini.

Fokus Pada Kategori Barang Tertentu

Tips pertama dalam bisnis jual beli barang bekas adalah menentukan kategori barang bekas untuk usaha Anda. Ya, untuk memulai bisnis jual beli barang bekas, maka Anda harus fokus pada satu kategori barang bekas yang akan Anda jual-belikan. Sebagai contoh yakni buku, pakaian, onderdil kendaraan atau barang elektronik saja.

Penentuan kategori ini akan membantu Anda untuk bisa lebih fokus dan ahli pada satu bidang dan juga akan membantu untuk menentukan segementasi pasar serta strategi yang akan Anda jalankan.

Perhatikan Kondisi Barang

Berbisnis jual beli barang bekas bukan berarti artinya semua barang bekas bisa Anda jual. Namun barang bekas yang bisa dijual-belikan disini adalah barang bekas yang kondisinya masih baik dan layak pakai. Menjual barang dengan kondisi yang sangat buruk tentu tidak mencerminkan teknik yang baik dalam penjualan.

Meski konsumen mengerti bahwa ia akan membeli produk barang bekas, namun jika kondisinya sudah sangat tidak baik dan tidak layak pakai, tentu kemungkinan besar mereka bisa mengurungkan niatnya untuk membeli. Satu hal lagi jika memang produk bekas Anda memiliki sebuah kecacatan, maka Anda harus jujur mengungkapkannya kepada calon pembeli Anda.

Pasang Harga yang Masuk Akal

Karena ini adalah bisnis jual beli barang bekas, maka Anda harus realistis pada harga yang Anda berikan. Anda tak mungkin dan tak bisa menjual produk bekas ini selayaknya harga barang baru. Maka standar harga yang mustinya berlaku pada barang bekas adalah harga yang miring, meski kondisi barangnya hampir setara dengan barang baru. Harga miring bukanlah harga diskon atau harga promo, namun harga ini merupakan harga masuk akal saat nantinya Anda tawarkan pada konsumen Anda.

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Pokok Penjualan

Perbanyak Berburu Barang Bekas

Untuk berbisnis jual beli barang bekas, tentu Anda harus memperoleh barang bekasnya. Maka untuk bisa mendapatkan produk ini, Anda harus rajin berburu kesana kemari untuk memndapatkannya. Jika Anda telah menemukan sebuah tempat atau personal yang menjual barang bekas yang berkualitas, maka Anda bisa jadikan mereka partner dan mitra usaha Anda.

Semakin banyak Anda mendapatkan rujukan atau referensi tempat penjualan barang bekas untuk Anda beli, maka semakin menariklah usaha dan bisnis jual beli barang bekas Anda untuk dijelajah oleh para konsumen. Selain membeli dari sebuah tempat atau personal, Anda juga bisa mengikuti lelang pembelian di sebuah perusahaan tertentu untuk melengkapi koleksi produk bekas bisnis Anda.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk memulai bisnis jual beli barang bekas? Jangan lupa untuk selalu mencatat setiap transaksi yang ada pada bisnis jual beli barang bekas yang Anda geluti nantinya.

Accurate Online sebagai software akuntansi paling mudah di Indonesia, siap membantu dalam melakukan pencatatan serta pembuatan laporan keuangan bisnis Anda. Nikmati full fitur Accurate Online GRATIS khusus untuk Anda yang ingin membuat bisnis baru saat ini.

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Baca Dulu! Peraturan Berkendara Selama Corona.

ademuthia

Akun Default Mata Uang Belum Didefinisikan

ademuthia

Accurate Online Ramadan Sale Hadir Ada Cashback 100% (26 April – 5 Mei 2021)

ademuthia

Leave a Comment