33.7 C
Jakarta
July 18, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

4 Penyebab Kegagalan Bisnis

Mengetahui faktor penyebab kenapa mengalami kegagalan dalam bisnis dan usaha adalah sebuah tolak ukur untuk melakukan atau berbuat yang lebih baik lagi pada proses berikutnya.

Bagi setiap pelaku bisnis yang memiliki pengalaman panjang, sepertinya mereka sudah bukan hal baru lagi menemui titik terpuruk atau setidaknya pernah mengalami kegagalan.

Namun hingga pada akhirnya mereka tetap mampu bertahan dan bangkit sampai pada akhir yang sukses tentunya bukan perkara mudah.

 

Tidak Ada Perencanaan Bisnis

Berkali-kali mendatangi seminar bisnis atau membaca profil pengusaha sukses seringkali membuat kita terdorong untuk segera memulai bisnis sendiri. Tak ada yang salah dengan semangat tersebut. Tapi hati-hati, menjalankan bisnis hanya bermodal semangat, salah-salah akan berujung pada kebangkrutan. Agar itu tidak terjadi, selalu dampingi semangat menggebu tersebut dengan perencanaan matang. Tentukan dulu visi, sasaran, dan arah bisnis yang akan Anda geluti. Termasuk menggali informasi lebih banyak tentang bisnis tersebut, bagaimana dan di mana membeli bahan bakunya, siapa saja yang akan menjadi konsumen, serta di mana dan bagaimana memasarkannya. Intinya, bila ingin usaha bertahan jangan memulai usaha sebelum Anda melakukan survei pasar.

 

Tidak Menguasai Bidang Bisnis yang Dipilih

Apapun jenis usaha yang dipilih, akan lebih baik dan mudah dijalankan jika kita memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Meskipun bukan keahlian yang professional, setidaknya pernah mengetahui tentang seluk beluk usaha dan bisnis yang akan dijalani. Minimal pernah bekerja dengan orang lain dengan bentuk usaha yang sama, akan memberikan pengalaman yang lebih spesifik serta memiliki bekal kempampuan yang mumpuni untuk membuat prencanaan dan perhitungannya.

 

Menjalankan Bisnis Hanya Sekadar Trend

Ini juga bisa berdampak lebih parah dan banyak sekali mereka yang gagal berbisnis dan usaha hanya karena memilih jalur trending semata. Memang model bisnis yang mengikuti trending terkadang tampak sangat menggiurkan dengan harga harga booming yang kadang tidak masuk akal. Akan tetapi lebih sering jenis usaha seperti ini tidak akan mampu bertahan dalam rentang waktu yang lama. Sangat tidak cocok untuk melakukan investasi dengan memilih peluang usaha seperti ini karena akan sangat beresiko besar jika kita tidak cermat dalam mengamati situasi dan kondisi.

 

Melakukan Kerjasama Dengan Orang yang Salah

Berikutnya yang dapat menjadi pemicu atau salah satu faktor penyebab kegagalan dalam berbisnis dan usaha adalah melakukan bentuk kerjasama dengan orang yang salah.

Ketika kita berperan sebagai orang yang memiliki modal kemudian ingin membentuk sebuah team atau partner kerja maka cermati dan analisa lebih dalam mengenai record orang tersebut sebelumnya.

Pastikan ia adalah personal yang sudah memiliki pengalaman atau minimal pernah berperan dalam bidang bisnis tersebut.

Jangan mengambil keputusan hanya berdasarkan kata orang ataupun mudah percaya dengan bujuk rayu dimana ia sendiri belum memiliki skill keahlian mumpuni yang tampak dengan mata kepala anda sendiri.

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Optimalkan Bisnis Kamu Dengan Robot Chat dan Ini !

ademuthia

Mengenal Manajemen Rantai Pasokan Untuk Kemudahan Pemantauan Stok Pada Bisnis

Handry

Cara Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah Karena Virus Corona

ademuthia

Leave a Comment