28.8 C
Jakarta
February 24, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Tujuan Penting Pembuatan Laporan Keuangan

Laporan keuangan, adalah sebuah  Laporanran yang memiliki ragam tujuan dan fungsi yang sangat luas. Laporan ini digunakan oleh setiap individu maupun kelompok yang menjalankan sebuah kegiatan ekonomi. Dan untuk mengetahuinya, kali ini kita akan membahas tentang tujuan penting pembuatan laporan keuangan tersebut.

1. Mengetahui Informasi Aset

Aset yang dimiliki oleh bisnis maupun perusahaan tertentu akan dapat diketahui dengan adanya laporan keuangan. Karena, dalam sebuah laporan ini, kita bahkan secara detail mendapatkan penjelasan tentang aset. Seberapa banyak yang masih dimiliki dan seberapa banyak yang sudah terbuang.

2. Mengetahui Jumlah Modal

Modal adalah sebuah hal yang penting dalam bisnis dan kegiatan ekonomi lainnya. Jadi, ini menjadi salah satu faktor penting yang digambarkan dalam sebuah laporan keuangan. Semua informasi yang dibutuhkan akaan ditemukan di laporan tersebut. Terkait seberapa banyak modal yang tersedia, yang diperlukan dan yang telah digunakan.

3. Arus Kas

Ini juga akan menggambarkan bagaimana pengelolaan aruskas. Apakah masih kurang stabil, tidak memadai dan bahkan berjalan dengan lancar. Setiap pelaku yang melakukan tindakan ekonomi pastinya membutuhkan rincian mengenai arus kas tersebut.

4. Alat Pertanggung Jawaban Pihak manajemen

Ini akan menjadi salah satu alat yang digunakan untuk pertanggung jawaban manajemen. Karena ini adalah salah satu laporan yang sangat penting dan akan mendefinisikan keadaan perusahaan. Maka pihak manajemen harus mempertanggung jawabkan dengan baik kepada pemilik, pemegang saham dan kreditur.

Nantinya, inilah yang akan menjadi alat untuk mengetahui bagaimana kedaan dari perushaan tersebut selama sebuah periode tertentu. Keungan yang ada, harus dipertanggung jawabkan dan diberikan bukti yang nyata dan pasti. Laporan inilah yang menjadi alat kesaksian dan pembuktian tersebut.

5. Sebagai Alat Pertimbangan Pemilik Perusahaan

Tidak ada hal yang selalu mulus, begitu juga yang terjadi dalam sebuah keuangan perusahaan. Ketika hal-hal tersebut menjadi lebih buruk atau bahkan lebih baik, sang pemilik harus melakukan tindakan.

Salah satu bahan pertimbangan untuk melakukan tindakan di perusahaan dalam sebuah periode adalah laporan keuangan ini. Dengan melihat hasil yang ditunjukkan dalam laporan tersebut. Nantinya pemilik perusahaan akan menentukan bagaimana tujuan dan aksi yang akan dilanjutkan pada periode berikutnya.

6. Pencapaian Target Manajemen

Walaupun pihak manajemen adalah yang bertanggung jawab membuat dan melaporkan laporan ini. Namun, ini juga menyangkut tujuan pembuatannya tersebut. Dimana pihak manajemen yang nantinya akan mengetahui apakah target mereka tercukupi atau tidak di periode tersebut. Apakah sudah sesui dengan rencana yang sebelumnya diatur? Ini juga akan menjadi bahan evaluasi untuk masa yang akan datang.

7. Alat Pertimbangan Bagi Pemegang Saham

Untuk bisa menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan, tentu diperlukan modal dan berupa saham. Jadi, pemegang atau pemilik saham yang berkontribusi, berhak mengetahui bagaimana perkembangan dari bisnis atau perusahaan tersebut. Pelaporan inilah yang nantinya akan menjadi media pertimbangan mereka. Dimana mereka akan menentukan untuk tetap berkomitmen dengan perusahaan tersebut nantinya atau tidak.

8. Bahan Evaluasi Kreditur

Tidak hanya pemilik dan pemegang saham saja yang menggunakan laporan ini sebagai bahan evaluasi. Para kreditur juga akan menggunakannya sebagai bahan evaluasi dan alat pertimbangan. Para kreditur sangat perlu untuk bisa melakukan penilaian pada kelancaran dan abgaimana alur arus kas.

Ini berlaku untuk memprediksi, apakah keuangan yang ada bisa lancar dan mencukupi untuk pembayaran cicilan pinjaman. Kreditur tentunya tidak akan sembarangan memberikan kredit pinjaman jika pelaporan yang terjadi dalam perusahaan tersebut tidak jelas. Atau jika arus kas yang ada dinilai tidak baik.

Demikianlah 8 tujuan penting pembuatan laporan keuangan yang harus diketahui. Ini menjadi salah satu alat penting untuk menunjang karir dan pengembangan sebuah bisnis atau perusahaan untuk memudahkan semua itu yukkk pakai ACCURATE Online GRATIS 30 hari disini http://bit.ly/aolgratis30hari

 

Sumber : Artikanesa

 

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Accurate Online melayani wilayah Bogor dan sekitarnya

ademuthia

Ingin Mendapat Penghasilan Tambahan di Tengah Corona? Simak 5 Peluang Bisnis di Masa Pandemi Corona

ademuthia

Mengenal Perbedaan Cloud Accounting dan Akuntansi Berbasis Desktop

Miftah