26.1 C
Jakarta
February 23, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

Transaksi Online UKM dan UMKM Meningkat Selama Corona

Dilansir dari liputan6.com, Pandemi Covid-19 membuat pemerintah menerapkan pembatasan fisik atau sosial di Indonesia sejak pertengahan Maret 2020. Aktivitas yang kebanyakan dilakukan dari rumah tersebut, salah satunya berdampak pada kebiasaan masyarakat menggunakan layanan internet.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengungkapkan transaksi penjualan online produk UMKM meningkat hingga 350 persen di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Peningkatan utamanya untuk bahan pokok dan makanan instan. (cnbcindonesia.com).

Tak hanya itu, penjualan online produk kesehatan dan kebersihan, seperti masker, hand sanitizer, dan termometer juga meningkat sekitar 90 persen. Bahkan, produk hobi indoor dan outdoor juga naik sekitar 70 persen dari waktu normal sebelum pandemi corona.

Dilansir dari tribunnews.com, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah, mengatakan ini membuktikan ada peningkatan kesadaran masyarakat untuk tetap berdiam diri di rumah guna mencegah penularan Covid-19.

Elly menjelaskan, hampir di semua pusat perbelanjaan di Kota Bandung sudah menerapkan layanan belanja online untuk menunjang kebutuhan masyarakat saat menjalani phsycal distancing ataupun pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Elly berujar, beberapa toko modern sudah menerapkan bebas ongkir untuk pembelanjaan lebih dari Rp100 ribu. “Kalaupun di bawah Rp 100 ribu, ongkirnya biasanya Rp 7 ribu,” ujarnya.

Begitupun layanan belanja daring di pasar tradisional. Terjadi peningkatan transaksi yang signifikan, hampir di 23 pasar tradisional sudah bisa melayani belanja melalui daring.

Hal ini merupakan pertanda bagus bagi seluruh UKM dan UMKM di Indonesia untuk segera memanfaatkan online marketing 7 Selling selama pandemi corona berlangsung. Mereka dapat memanfaatkan layanan ecommerce seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dll untuk memasarkan produk ukm dan UMKM.

accurate online

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Accurate Online Bantu Keuangan Bisnis Bengkel Sepeda

ademuthia

Keunggulan Accurate Online dibandingkan Software Akuntansi Lain | Promo Accurate Online

ademuthia

10 Peluang Bisnis dengan Modal 1 Juta Rupiah, Tertarik untuk Mencoba? (Part I)

ademuthia

Leave a Comment