26.1 C
Jakarta
February 23, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

3 Cara Atasi Rasa Takut Memulai Bisnis

Saat membangun sebuah bisnis, banyak pengusaha pemula yang memiliki perasaan takut dan cemas akan mengalami kegagalan. Beberapa pertanyaan yang muncul pada diri sendiri seperti, apakah bisnis ini dimulai dengan cara yang benar? Bagaimana jika tidak ada yang tertarik dengan produk atau jasa yang saya tawarkan?  dan sebagainya.

Pertanyaan – pertanyaan tersebut akan terus berputar-putar di pikiran para pemula yang tidak bisa lepas dari rasa takutnya saat memulai sebuah bisnis, yang akhirnya akan membawa mereka ke lubang kegagalan.

Apakah Anda juga pernah berada dalam kondisi seperti itu? Rasa takut gagal yang dibiarkan tumbuh dalam benak biasanya justru dapat memperburuk kinerja dan inovasi saat berbisnis. Karenanya, sesegera mungkin harus diminimalisir.

Bagaimana Cara melepaskan diri dari lingkaran ketakutan saat memulai bisnis baru?

 

 Perluas Zona Nyaman

Memiliki bisnis = berani mengambil resiko. Ini mungkin salah satu alasan bagi pengusaha yang sangat gigih memperjuangkan bisnisnya. Dalam hal ini biasanya mereka begitu sering yang melakukan usaha dengan cara memperluas zona nyaman, karena mereka sadar bahwa tidak ada jaminan untuk sukses.

Setiap hari, Anda harus bersedia mengambil risiko dari kemungkinan gagal. Jangan takut untuk memulai dan carilah cara dalam mengatasi kegagalan, Anda pun harus sadar  bahwa inilah usaha yang yang perlu dilakukan untuk menjadi maju.

 

Jaga Sikap Positif

Pernahkah Anda berdiam dan memikirkan tentang kegagalan serta hasilnya akan seperti apa? Pemikiran seperti, “Jika presentasi saya tidak diterima oleh perusahaan dan saya tidak akan pernah bisa mendapatkan kesempatan lagi di perusahaan ini bagaimana?”

Satu-satunya hal yang membuat sikap negatif ini adalah menciptakan kekhawatiran yang tidak perlu untuk mempersiapkan hasil terburuk. Sebagai pengusaha, penting untuk tetap bersikap positif.

Sebelum Anda pergi untuk presentasi atau menghadiri pertemuan penting, visualisasikan kesuksesan yang akan Anda alami saat Anda melewati pintu masuk dan bisa mengesankan orang-orang yang ada di ruangan itu.

 

Gunakan Persiapan untuk Mengatasi Ketakutan Anda

Upaya mengatasi ketakutan dalam berbisnis, Anda perlu mengurangi beberapa risiko kegagalan. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

– Tinjau semua hasil potensial. Ini akan membantu Anda memahami dan menghadapi rasa takut yang tidak diketahui. Cara ini akan membantu Anda mempertimbangkan semua kemungkinan sebelum Anda memasuki situasi potensial.

– Pertimbangkan skenario terburuk. Dalam beberapa kasus, mungkin saja bisa terjadi hal yang tidak diinginkan. Tapi setidaknya dengan mempersiapkannya, Anda menyadari bahwa itu mungkin tidak terlalu buruk, dan ini bisa membantu Anda dalam segala hal.

–  Selalu siapkan rencana darurat. Pikirkan hasil potensial dan apa yang dapat Anda lakukan jika hal-hal tidak berjalan sesuai keinginan. Selalu miliki “Rencana B, C atau D” dalam menghadapi suatu masalah.

 

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Clickbait Adalah Strategi yang Mampu Mendatangkan Banyak Audiens

Wida

Akta Pendirian Perusahaan: Pengertian, Jenis, Dan Syarat Membuatnya

Wida

4 Tips Lolos Wawancara Kerja Bidang Akuntansi

ademuthia

Leave a Comment