28.9 C
Jakarta
February 28, 2024
Penjualan Resmi Software Akuntansi Accurate
Uncategorized

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Evaluasi Omset Bisnis Di Akhir Tahun 2019!

Akhir tahun menjadi salah satu bulan paling sibuk dalam sebuah bisnis. Karena disetiap akhir tahun, banyak perusahaan melakukan evaluasi. Ada banyak cara dan teori dalam melakukan evaluasi.

Selain mengerjakan laporan tutup buku, melakukan stock opname, dan menyiapkan bonus karyawan, Anda juga perlu melakukan satu hal yang sangat penting, yaitu evaluasi omzet. Evaluasi omzet akhir tahun wajib dilakukan supaya Anda dapat memproyeksikan dan menyusun strategi yang tepat untuk meningkatkan penghasilan dan keuntungan bisnis Anda di tahun depan

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengelola Stok Barang Usaha Anda

 

Lalu, Apa Saja Hal yang Harus dievaluasi Saat Sedang Melakukan Evaluasi Omset di Akhir Tahun?

Menururt Hashmicro.com, Ketika Anda melakukan evaluasi omzet akhir tahun, berarti Anda perlu menilai berbagai hal yang memiliki dampak pada omzet Anda.  Berikut ini adalah hal-hal yang harus cantumkan ke dalam daftar evaluasi Anda.

 

Ekspektasi VS Hasil yang Dicapai

Buat daftar ekspektasi Anda di tahun ini dan kemudian bandingkan dengan pencapaian yang dibuat. Dari sini Anda dapat mengetahui kekurangan-kekurangan dari strategi Anda, apa yang berhasil, dan apa yang tidak. Namun, penting juga untuk menilai apakah ekspektasi Anda realistis atau terlalu tinggi sehingga Anda tidak hanya terpaku pada hasil tetapi juga setiap usaha yang sudah dikerahkan.

 

Biaya Operasional

Biaya operasional terdiri dari gaji karyawan, biaya sewa gedung, biaya pengadaan inventaris, biaya produksi, dan lain-lain yang berkaitan dengan pemeliharaan dan administrasi bisnis Anda. Ketahui proses apa saja yang menghabiskan biaya terbanyak dan temukan cara untuk mengurangi biaya tersebut tanpa harus mengurangi kualitas produk atau jasa Anda.

Cara terbaik untuk mengurangi biaya operasional adalah dengan mengotomatiskan berbagai proses dalam bisnis Anda, sehingga Anda dapat melakukan penghematan terhadap biaya tenaga kerja, biaya produksi, biaya penyimpanan stok barang, biaya pembelian kertas, dan lain-lain. Penggunaan perangkat lunak bisnis dapat secara signifikan membantu meningkatkan revenue Anda.

 

Tingkat Efisiensi

Cek tingkat efisiensi di perusahaan Anda. Seberapa cepat Anda dapat menyerahkan proyek ke klien? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencatat ketersediaan aset atau inventaris? Atau seberapa cepat Anda dapat mengantarkan pesanan ke pelanggan?

Ketidakefisienan seperti stock opname yang dilakukan secara manual, pembuatan laporan keuangan dengan menggunakan kertas, pengisian ulang stok yang terlambat, dan lain-lain perlu ditiadakan demi penghasilan yang optimal. Proses-proses manual ini menyita banyak waktu dan juga biaya (untuk tenaga kerja, ganti rugi keterlambatan, pembelian kertas, dll.) sehingga memungkinkan Anda untuk kehilangan banyak peluang.

Mulai gunakan software akuntansi untuk mulai mengefisiensikan aktivitas akuntansi bisnis Anda. Accurate Online, Software akuntansi berbasis cloud yang paling mudah di Indonesia, dapat membantu bisnis untuk begerak lebih efisien. Dengan Accurate Online, Anda dapat melakukan pencatatan keuangan, pembuatan laporan keuangan serta memantau real-time stock secara bersamaan. Hebat bukan?

Strategi Penjualan dan Pemasaran

Tinjau strategi penjualan dan pemasaran yang selama ini telah Anda jalankan. Beberapa hal yang perlu Anda tanyakan adalah:

  • Dari mana Anda mendapatkan prospek paling banyak?
  • Usaha marketing apa yang paling memakan banyak biaya namun menghasilkan prospek paling sedikit?
  • Metode pemasaran apa yang belum pernah Anda coba, namun kompetitor Anda sudah mengaplikasikannya?
  • Apakah taktik promosi Anda selama ini bekerja dengan baik? Seberapa meningkat penghasilan Anda setelah taktik tersebut digunakan?
  • Apakah tim marketing dan tim sales Anda dapat berkolaborasi dengan baik sehingga kesalahpahaman sangat jarang terjadi?

 

Kesulitan dalam Pekerjaan

Buat daftar kesulitan yang dihadapi bisnis Anda dalam setahun terakhir. Anda perlu menanyakan manajer dan staf dari setiap departemen mengenai masalah-masalah yang mereka hadapi. Anda mungkin tidak tahu kesulitan yang mereka hadapi dalam pekerjaan mereka dan hal ini dapat mengakibatkan penurunan omzet yang sangat serius bila terus dibiarkan. Inilah mengapa evaluasi karyawan dan pekerjaan juga penting dilakukan sebelum pergantian tahun.

Rekomendasi Liquid saltnic terbaik 2023

Related posts

Bagaimana Cara Menghitung Tingkat Inflasi? Berikut Pembahasannya

Wida

Syarat Mudah Menjadi UKM UMKM MItra Binaan Pemerintah

ademuthia

Pengertian Brand Guidelines, Tips Membuatnya, dan Contohnya

Wida

Leave a Comment